Sebanyak 156 orang mengikuti pengambilan sumpah sebagai Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Lingkungan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) pada Selasa (3/10). Pengambilan sumpah tersebut untuk pertama kalinya dilaksanakan secara virtual, hal tersebut merupakan upaya physical distancing dalam pencegahan penyebaran virus Covid-19.

“Saudara merupakan calon pengawak organisasi di masa depan, maka dari sekarang harus memiliki kemauan untuk terus belajar dan mengembangkan diri,” kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo saat memberikan sambutan. Agus menyampaikan bahwa pengambilan sumpah tersebut diambil dengan kesadaran tanpa paksaan atas kesanggupan para PNS terhadap negara dan Tuhan Yang Maha Esa untuk menjalankan tugas dan fungsi sebagai aparatur pemerintah. “Hendaknya saudara sadar bahwa harus menunjukkan komitmen dan tanggung jawab moral sebagai PNS,” ujar Agus. Tidak lupa Agus juga mengimbau seluruh PNS yang mengambil sumpah untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab secara profesional dan proporsional.

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa diterbitkannya Undang-Undang No.5 Tahun 2014 Tentang Aparatur Sipil Negara (ASN) bertujuan mewujudkan ASN yang profesional, berintegritas, netral, dan berkinerja tinggi. Hal tersebut menjadi tantangan bagi ASN khususnya PNS untuk dapat meningkatkan kualitas dan kapasitas sebagai pelayan publik. Tentunya hal tersebut merupakan upaya mendukung tujuan reformasi birokrasi yaitu birokrasi yang efektif, efisien, serta melayani. “Saudara harus mampu menunjukkan figur PNS yang berkualitas dan profesional serta membangun dan menjaga citra positif sebagai ASN,” tutur Agus.

“Jadilah pelaksana kebijakan publik, pelayanan publik, serta, perekat dan pemersatu bangsa. Junjung setinggi-tingginya profesi PNS dengan mengedepankan profesionalisme,” tegas Agus.



Hak cipta © 2020 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749