Gubernur Lemhannas RI Diskusikan Keamanan Siber dengan CNBC Indonesia

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto menerima audiensi dari CNBC Indonesia yang terdiri dari Managing Editor CNBC Indonesia Muhammad Iqbal, Bisnis Group Head CNBC Indonesia Adi Pratama, Bisnis Group Head CNBC Indonesia Elsa Agusia, dan Head of Research CNBC Indonesia Muhammad Maruf pada Rabu (30/8),di Ruang Tamu Gubernur, Gedung Trigatra Lantai 1, Lemhannas RI.

Dalam kesempatan tersebut, Andi Widjajanto bersama pihak CNBC Indonesia berdiskusi tentang keamanan siber. Pihak CNBC Indonesia memandang dibutuhkan panduan terkait keamanan siber. Hal tersebut dibutuhkan agar tidak terjadi kebingungan pada semua pihak.

Menanggapi hal tersebut, Andi Widjajanto menyampaikan bahwa data indeks pertahanan siber menunjukkan kondisi pertahanan siber Indonesia masih dalam kondisi yang memprihatinkan, apalagi jika dibandingkan dengan rata-rata global. “Indonesia merah semua, merahnya keterlaluan. Misalnya nilainya harus mendekati enam, Indonesia itu masih tiga,” katanya.

Andi Widjajanto memandang saat membicarakan siber pasti seluruh kementerian dan lembaga akan menemukan kesulitan. Oleh karena itu, salah satu kajian yang disusun Lemhannas RI saat ini berfokus pada isu transformasi digital. Lemhannas RI mengumpulkan data dan menemukan berbagai kelemahan siber yang harus diperbaiki. Kajian tersebut nantinya akan diserahkan kepada Presiden RI sebagai rekomendasi dan masukan dalam pembuatan kebijakan.

Turut hadir mendampingi Gubernur Lemhannas RI dalam audiensi tersebut, yakni Kepala Biro Hubungan Masyarakat Brigjen TNI Suratno, S.I.P. dan Kepala Bagian Protokol dan Peliputan Rohumas Lemhannas RI Drs. Paiman, M.I.P. (NA/BIA)


<script src="https://code.responsivevoice.org/responsivevoice.js?key=oK4OtHmB"></script>


Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749