Press Release

Nomor  : PR/ 3 / V /2024

Tanggal:   13 Mei 2024

Sumatra Utara- Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 66 melakukan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) ke Provinsi Sumatra Utara. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai dengan 16 Mei 2024.

 

Salah satu objek kunjungan SSDN PPRA 66 Lemhannas RI di Sumatra Utara adalah Pemerintah Provinsi Sumatra Utara.

 

Pada kunjungan tersebut, rombongan diterima oleh Penjabat (Pj) Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Hassanudin di Kantor Gubernur Sumut, Senin (13/05/2024).

 

Pj Gubernur Sumut Hassanudin menyambut baik kunjungan SSDN PPRA 66 Lemhannas RI ke Provinsi Sumatra Utara. Dalam sambutannya, Pj Gubernur Sumut Hassanudin menjelaskan bahwa Sumut tengah melakukan pembangunan di berbagai bidang yang sejalan dengan visi Indonesia Emas 2045.

 

“Untuk mewujudkan agenda transformasi Sumatera Utara, kita bertumpu pada potensi yang besar, yang dimiliki Sumatera Utara, baik potensi di sektor pertanian, kelautan perikanan, tambang, budaya dan pariwisata, dengan dukungan SDM yang melimpah dan posisi strategis Sumatera Utara sebagai pintu gerbang Indonesia di bagian barat,” kata Pj Gubernur Sumut Hassanudin

 

Pada kesempatan itu juga, Wakil Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Eko Margiyono mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemprov Sumatra Utara yang telah menerima kunjungan peserta Lemhannas RI dan berharap para peserta PPRA 66 dapat mengetahui tata kelola pemerintahan serta permasalahan yang dihadapi daerah.

 

“Lemhanas RI telah memilih provinsi ini dengan harapan bisa mengetahui tata kelola pemerintah daerah dan permasalahan yang dihadapi dalam perspektif geografi, demografi, smber kekayaan alam, politik, ekonomi, sosial budaya, dan pertahanan keamanan,” kata Letjen TNI Eko Margiyono.

 

Melalui kegiatan ini, Wakil Gubernur Lemhannas juga berharap para peserta akan memperoleh tambahan wawasan dan pengalaman yang lebih komprehensif, memiliki kepekaan, serta kepedulian yang tinggi terhadap upaya pencegahan persoalan bangsa, sehingga nantinya mampu meningkatkan kualitas, kapasitas, dan kapabilitas kepemimpinan sebegai salah satu syarat terwujudnya postur pemimpin yang andal dan professional.

 

Selain Pemerintah Provinsi Sumatra Utara, para peserta juga mengunjungi lima objek kunjungan, antara lain, Kodam I/Bukit Barisan, Polda Sumatra Utara, Universitas Negeri Sumatera Utara (USU), DPRD Provinsi Sumatra Utara, dan PT Inalum.

 

Kegiatan di Provinsi Sumatra Utara ini diikuti oleh 25 peserta PPRA 66 dan didampingi oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Eko Margiyono, Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Sosial Budaya Lemhannas RI Irjen Pol Drs. Djoko Poerbohadijojo, M.Si., Tenaga Profesional Bidang Geostrategi Lemhannas RI Mayjen TNI (Purn) Lumban Sianipar, S.I.P., beserta staf Lemhannas RI.

 

SSDN PPRA 65 Lemhannas RI juga dilaksanakan ke tiga provinsi lain, yakni Provinsi Lampung, Provinsi Kalimantan Tengah, dan Provinsi Jawa Barat dengan peserta serta pendamping yang berbeda.

 

Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI

Brigjen TNI Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Peserta PPRA 66 melaksanakan SSDN ke Provinsi Sumatra Utara.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri


Press Release

Nomor  : PR/02/III/2024

Tanggal:  26 Maret 2024

Jakarta- Wakil Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI Eko Margiyono, mengungkapkan harapannya terhadap peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 67 Lemhannas RI. Ia menekankan pentingnya para peserta untuk memegang tiga pilar utama kepemimpinan nasional setelah menyelesaikan pendidikan mereka.

“Pilar pertama, berbasis pada nilai-nilai kebangsaan yang berpegang pada Pancasila. Pilar kedua, memiliki wawasan geopolitik yang mampu memahami situasi atau kondisi politik negara lain untuk memperkuat ketahanan nasional, dan pilar ketiga, mampu menyumbangkan pemikiran serta melakukan langkah-langkah strategis, guna mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045,” ungkap Eko Margiyono saat memberikan sambutan Pembukaan PPRA 67 pada Selasa (26/03), di Ruang Dwiwarna Purwa Lemhannas RI.

Tiga pilar tersebut merupakan arahan khusus Presiden RI Joko Widodo dalam penyiapan pemimpin nasional.

Pada kesempatan tersebut, Eko Margiyono turut menyampaikan empat pesan kepada peserta PPRA 67 Lemhannas RI selama menjalani proses pendidikan. Pesan pertama yang disampaikan adalah pentingnya para peserta mengikuti dan menjalani pendidikan dengan niat yang tulus, serta membentuk pola pikir, sikap, dan tindakan berdasarkan pandangan geopolitik dan geostrategi nasional.

Pesan kedua adalah harapan agar para peserta mampu mengukur serta meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Pesan ketiga menekankan pentingnya peningkatan motivasi belajar dengan penuh tanggung jawab dalam menjalankan peran sebagai peserta pendidikan.

Tidak hanya itu, peserta juga diingatkan untuk dapat menjalin dan membangun komunikasi yang baik dengan sesama peserta, tenaga pendidik, tenaga pengajar, dan lembaga terkait.

“….Menjalin dan membangun komunikasi atau networking dengan melakukan interaksi aktif, baik di antara para peserta, maupun dengan para tajar, taji, dan taprof serta lembaga, melalui interaksi-interaksi yang bersifat meningkatkan kompetensi dan kemampuan peserta dalam mewujudkan kepemimpinan strategis nasional,” kata Wakil Gubernur Lemhannas RI.

Pembukaan PPRA 67 Lemhannas RI direncanakan berlangsung selama tujuh bulan, dimulai pada hari Selasa, 26 Maret, dan dijadwalkan berakhir pada 29 Oktober 2024. Program ini akan diikuti oleh seratus peserta yang berasal dari berbagai lapisan, termasuk TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Negara, Pemerintah Daerah dan Provinsi, serta Organisasi Masyarakat..

 

Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI

Brigjen TNI Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

Caption Foto: Wakil Gubernur Lemhannas RI saat memberikan sambutan pada Pembukaan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 67 Tahun 2024 Lemhannas RI

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri


Press Release

Nomor  : PR/ 04 / V /2024

Tanggal:   13 Mei 2024

Jawa Barat- Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI bersama peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 66 melakukan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) ke Provinsi Jawa Barat. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 13 sampai dengan 16 Mei 2024.

 

Mengawali kegiatan tersebut, rombongan mengunjungi Kantor Gubernur Jawa Barat (Jabar) disambut baik oleh Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, Senin (13/05/2024).

 

Pada kesempatan itu, Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsma TNI Andi Heru Wahyudi juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemprov Jabar yang telah menerima kunjungan peserta Lemhannas RI dan berharap para peserta PPRA 66 dapat mengetahui tata kelola pemerintahan serta permasalahan yang dihadapi daerah.

 

“Lemhanas RI telah memilih provinsi ini dengan harapan bisa mengetahui tata kelola dan permasalahan yang dihadapi, sehingga para peserta bisa memiliki gambaran tentang tata kelola pemerintah daerah dan kaitannya dengan Ketahanan nasional,” kata Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI.

 

Setelah mengunjungi Kantor Gubernur Provinsi Jawa Barat, para peserta juga akan mengunjungi enam objek kunjungan, antara lain, Kantor DPRD Provinsi Jawa Barat, Komando Daerah Militer III/Siliwangi, Polda Jawa Barat, Institut Teknologi Bandung (ITB), PT Bio Farma, dan PT LEN.

 

SSDN ke Provinsi Jambi diikuti oleh 25 peserta PPRA 66 dan didampingi oleh Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi, Tenaga Ahli Pengajar Bidang Kepemimpinan Lemhannas RI Marsda TNI I Gusti Made Radar P. J., S.T., Tenaga Profesional Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Lemhannas RI Andrea Hynan Poeloengan, S.H., M.Hum., MTCP., beserta staf Lemhannas RI.

 

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta akan memiliki kepekaan terhadap spesifikasi dan kearifan lokal suatu wilayah yang merupakan bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu juga mampu meningkatkan wawasan kebangsaan, mendapat gambaran tentang kondisi ketahanan nasional, dan mengetahui lebih dekat tentang progres pembangunan nasional di daerah atau provinsi yang dikunjungi.

 

Selain Provinsi Jambi, SSDN PPRA 66 Lemhannas RI juga dilaksanakan ke tiga provinsi lain, yakni Provinsi Sumatra Utara, Provinsi Lampung, dan Provinsi Kalimantan Tengah dengan peserta serta pendamping yang berbeda.

 

Kepala Biro Humas Settama Lemhannas RI

Brigjen TNI Dani Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

 

Caption Foto: Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI bersama peserta PPRA 66 saat melaksanakan SSDN ke Provinsi Jambi.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri


Press Release

Nomor  : PR/01/I/2024

Tanggal:  30 Januari 2024

Plt. Gubernur Lemhannas RI, Laksdya TNI Maman Firmansyah, mengungkapkan harapannya terhadap peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 66 Lemhannas RI. Dalam pernyataannya, dirinya menekankan pentingnya para peserta memegang tiga pilar utama kepemimpinan nasional setelah menyelesaikan pendidikan mereka.

“Pilar pertama, berbasis pada nilai-nilai kebangsaan yang berpegang pada Pancasila. Pilar kedua, memiliki wawasan geopolitik yang mampu memahami situasi atau kondisi politik negara lain untuk memperkuat ketahanan nasional, dan pilar ketiga, mampu menyumbangkan pemikiran serta melakukan langkah-langkah strategis, guna mewujudkan Indonesia Emas tahun 2045,” ungkap Maman Firmansyah saat memberikan sambutan pada Pembukaan PPRA 66 pada Selasa (30/01), di Ruang Dwiwarna Purwa Lemhannas RI.

Tiga pilar tersebut merupakan arahan khusus Presiden RI Joko Widodo dalam penyiapan pemimpin nasional.

Dalam kesempatan itu, Maman Firmansyah juga menyampaikan empat pesan kepada peserta PPRA 66 Lemhannas RI selama menjalani pendidikan. Pesan pertama adalah agar para peserta mengikuti dan menjalani proses pendidikan dengan niat yang tulus, memiliki pola pikir, pola sikap, dan pola tindak berdasarkan pandangan geopolitik serta geostrategi.

Pada kesempatan tersebut, Maman Firmansyah turut menyampaikan empat pesan kepada peserta PPRA 66 Lemhannas RI selama menjalani proses pendidikan. Pesan pertama yang disampaikan adalah pentingnya para peserta mengikuti dan menjalani pendidikan dengan niat yang tulus, serta membentuk pola pikir, sikap, dan tindakan berdasarkan pandangan geopolitik dan geostrategi nasional.

Pesan kedua yang disampaikan adalah harapan agar para peserta mampu mengukur serta meningkatkan kemampuan kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Pesan ketiga menekankan pentingnya peningkatan motivasi belajar dengan penuh tanggung jawab dalam menjalankan peran sebagai peserta pendidikan.

 

Tidak hanya itu, peserta juga diingatkan untuk dapat menjalin dan membangun komunikasi yang baik dengan sesama peserta, tenaga pendidik, tenaga pengajar, dan lembaga terkait.

“….Menjalin dan membangun komunikasi atau networking dengan melakukan interaksi aktif, baik di antara para peserta, maupun dengan para tajar, taji, dan taprof serta lembaga, melalui interaksi-interaksi yang bersifat meningkatkan kompetensi dan kemampuan peserta dalam mewujudkan kepemimpinan strategis nasional,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI.

Pembukaan PPRA 66 Lemhannas RI direncanakan berlangsung selama tujuh bulan, dimulai pada hari Selasa, 30 Januari, dan dijadwalkan berakhir pada 27 Agustus 2024. Program ini akan diikuti oleh seratus peserta yang berasal dari berbagai lapisan, termasuk TNI, Polri, Kementerian, Lembaga Negara, Pemerintah Daerah, Organisasi Masyarakat, dan perwakilan dari negara sahabat. 

Narahubung: Maulida (082229125536)

Caption Foto: Plt. Gubernur Lemhannas RI saat memberikan sambutan pada Pembukaan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 66 Tahun 2024 Lemhannas RI

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749