Peringatan Hari Lahir Pancasila di Lingkungan Lemhannas RI

Seluruh personel dan peserta pendidikan Lemhannas RI mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024 di Lapangan Tengah Lemhannas RI. Bertindak selaku inspektur upacara, yakni Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra., M.Si. Pada kesempatan tersebut, dibacakan Pidato Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila Republik Indonesia pada Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024.

Sekretaris Utama Lemhannas RI menyampaikan bahwa sebagai bangsa yang majemuk, Pancasila dan nilai-nilainya menjadi panduan hidup bangsa untuk mencapai cita-cita pendirian negara. Tema peringatan tahun ini, “Pancasila Jiwa Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Emas 2045”, menegaskan peran Pancasila dalam menyatukan Indonesia dengan segala keberagamannya menuju 100 tahun Indonesia Emas yang maju, mandiri, dan berdaulat.

Pada kesempatan tersebut, Seluruh komponen bangsa diajak untuk mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam setiap aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara. “Pancasila terbukti mampu mempersatukan kita dalam menghadapi beragam gelombang tantangan dan ujian sejarah, sehingga sampai dengan saat ini indonesia tetap berdiri kokoh dan tangguh sebagai bangsa yang besar,” ungkap Panca Putra. Selain itu ia turut mengungkap bahwa Pancasila juga menjadi bintang penuntun yang membawa Indonesia pada gerbang kemajuan dan kemakmuran di era globalisasi teknologi dan informasi saat ini.

Pancasila harus terus dihidupi dan dipedomani agar menjadi ideologi yang dirasakan manfaatnya oleh seluruh rakyat Indonesia. Dalam konteks situasi global saat ini, Pancasila juga diharapkan dapat menjadi penyaring agar bangsa Indonesia tidak mengalami disorientasi di masa depan. Seluruh komponen bangsa harus mampu mengarusutamakan Pancasila dengan metode dan cara kekinian, terutama dalam menghadapi bonus demografi yang akan menempatkan kaum milenial dan generasi Z sebagai pelaku utama pembangunan bangsa. 

menyatakan keyakinannya bahwa dengan semangat Pancasila yang kuat, seluruh tantangan yang dihadapi bangsa Indonesia dapat diatasi. Mengakhiri pidatonya, ia mengajak seluruh komponen bangsa untuk bergotong royong merawat Pancasila melalui peringatan Hari Lahir Pancasila. “Kita harus bekerja sama dan berkolaborasi menjaga kerukunan dan keutuhan sebagai wujud pengamalan nilai-nilai Pancasila,” pungkasnya.

Sementara itu, Plt. Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Eko Margiyono mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila di Dumai, Provinsi Riau, di mana Presiden RI Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara. (NA/BIA)


<script src="https://code.responsivevoice.org/responsivevoice.js?key=oK4OtHmB"></script>


Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749