Plt. Gubernur Lemhannas RI Menghadiri Rapat Dengar Pendapat dengan DPR RI

Plt. Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Eko Margiyono menghadiri Rapat Dengar Pendapat (RDP) Lemhannas RI dengan Komisi I DPR RI bertempat di Ruang Rapat Komisi I DPR RI pada Kamis (13/6). Dalam kesempatan tersebut, Plt. Gubernur Lemhannas RI didampingi oleh sejumlah pimpinan Lemhannas RI, di antaranya adalah Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si., para Deputi Lemhannas RI, para Direktur Lemhannas RI, dan para Kepala Biro Lemhannas RI.

Agenda RDP tersebut adalah menjelaskan realisasi dan evaluasi pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2023 dan menyampaikan Rencana Kerja dan Anggaran Lemhannas RI Tahun Anggaran 2025 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Lemhannas RI.

“Tahun ini Lemhannas RI mengusung tema Reaktualisasi Ketahanan Nasional sebagai salah satu upaya untuk mengingatkan seluruh elemen bangsa terhadap pentingnya menjaga dan merawat ketahanan nasional,” kata Plt. Gubernur Lemhannas RI. Hal tersebut bertujuan untuk turut mendukung program pemerintah yang tercantum dalam RPJMN 2025-2029 di tengah berbagai dinamika geopolitik dan geostrategi yang memengaruhi bangsa dan negara melalui pembaruan serta peningkatan berbagai upaya yang dilakukan pada berbagai aspek kehidupan.

Lebih lanjut, Plt. Gubernur Lemhannas RI menyampaikan terkait APBN Tahun Anggaran 2023. Berdasarkan pengelolaan APBN Lemhannas RI Tahun 2023, Lemhannas RI memperoleh peringkat ke-4 Realisasi Anggaran dari 39 K/L Pagu Kecil. Kemudian pengelolaan tersebut menghasilkan beberapa capaian, diantaranya adalah mencetak 100 alumni PPRA dan 79 alumni PPSA; 110 rekomendasi kebijakan dan pelaksanaan Jakarta Geopolitical Forum VII; 2.900 alumni pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang menjadi agen perubahan; serta satu indeks data ketahanan nasional, 34 indeks ketahanan nasional di tingkat provinsi, dan kamus kompetensi pimpinan tingkat nasional.

Selain capaian di atas, Lemhannas RI juga meraih berbagai prestasi dalam program dukungan manajemen. Beberapa prestasi tersebut adalah Predikat Wajar Tanpa Pengecualian dari BPK; NKA dari Kemenkeu sebesar 91,03 dengan kategori Baik; Nilai RB dari Kemenparn-RB sebesar 72,03 dengan kategori Sangat Baik dan Evaluasi AKIP sebesar 64,07 dengan kategori Baik; Nilai Indeks Perencanaan Pembangunan Nasional dari Bappenas sebesar 94,83 dengan kategori Sangat Baik; Nilai Keterbukaan Informasi Publik dari KIP sebesar 90,13 dengan kategori Informatif; dan survei penilaian integritas oleh KPK dengan indeks integritas 81.26 dari skala 100.

Terkait agenda kedua, Plt. Gubernur Lemhannas RI menyampaikan Rencana Kerja dan Anggaran Lemhannas RI Tahun Anggaran 2025 dan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) Lemhannas RI. Plt. Gubernur Lemhannas RI menyatakan bahwa bahwa rencana kerja dan permohonan anggaran Lemhannas RI tahun anggaran 2025 akan selalu selaras dan mendukung program pemerintah dalam mencapai visi Indonesia Emas 2045 yang diturunkan ke dalam Rancangan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2025.

RDP tersebut dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi I DPR RI Dr. H. Abdul Kharis Almasyhari. Adapun Anggota Komisi I DPR RI yang hadir dalam RDP tersebut, yakni Junico BP Siahaan, Krisantus Kurniawan, H. Hasanuddin, Ali Imron, dan Nurul Arifin.

Dalam kesempatan tersebut, para Anggota Komisi I DPR RI menyampaikan apresiasi atas kinerja Lemhannas RI dan hal-hal yang masih perlu di tingkatkan Lemhannas RI. Menurut Anggota Komisi I DPR RI perkembangan dewasa kini tentunya diwarnai beragam ancaman dan gangguan yang karakternya sudah berbeda dari sebelumnya. Oleh karena itu, Lemhannas RI tidak boleh menutup mata terkait situasi geopolitik dan dapat menyampaikan rekomendasi bagaimana NKRI menghadapi beragam ancaman dan gangguan tersebut. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749