I. Latar Belakang
Perubahan dalam organisasi untuk terus menjadi lebih baik memainkan peran yang penting dalam menjaga kelangsungan dan kemajuan lembaga pemerintahan di tengah dinamika tuntutan masyarakat dan perubahan kebijakan yang terus berkembang. Faktor-faktor seperti kemajuan teknologi, kebutuhan publik yang berubah, dan perubahan kebijakan pemerintah memicu perlunya adaptasi dan inovasi dalam lembaga pemerintahan. Manajemen perubahan mencakup aspek-aspek seperti perencanaan kebijakan, pengembangan kepemimpinan, komunikasi, dan pengelolaan perubahan budaya di dalam lembaga pemerintahan.
Sebuah lembaga pemerintahan akan berhasil apabila mampu berkembang secara positif sesuai dengan tuntutan masyarakat yang di layani, sehingga pegawai pemerintah dapat mencapai tujuan-tujuan mereka. Perkembangan lembaga pemerintahan memerlukan perubahan dalam sistem organisasi yang dapat dipicu baik oleh faktor internal seperti kebutuhan layanan yang berubah, maupun eksternal seperti perubahan kebijakan publik. Lingkungan eksternal yang sering berubah, seperti tuntutan masyarakat dan kebijakan pemerintah, dapat mempersulit adaptasi bagi lembaga pemerintahan yang memiliki budaya yang sangat heterogen.