Syukuran dan Sarasehan HUT Ke-59 Lemhannas RI

Usai melaksanakan upacara dalam rangka HUT ke-59, Lemhannas RI menggelar syukuran dan sarasehan sebagai puncak acara dari rangkaian kegiatan pada Senin (20/5), di Ruang Dwiwarna Purwa, Gedung Pancagatra Lantai 1. 

Kegiatan syukuran dan sarasehan tersebut menjadi sarana refleksi dan upaya Lemhannas RI untuk mengembangkan dan memperkuat peran Lemhannas RI dalam menjalankan tugasnya sebagai lembaga pemerintah non kementerian, yang menjadi pusat rujukan dan center of excellence ilmu pengetahuan ketahanan nasional bangsa Indonesia, dalam menghadapi segala ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan di tengah pengaruh dan perkembangan dunia geopolitik dan geostrategi saat ini.

“Momentum hari ulang tahun ke-59 kali ini diharapkan dapat menjadi motivasi bagi Lemhannas RI untuk lebih meningkatkan kerja sama dan kolaborasi dengan seluruh komponen bangsa dalam mendukung penguatan ketahanan nasional,” ujar Eko Margiyono saat menyampaikan sambutannya. 

Lemhannas RI juga diharapkan dapat merealisasikan terwujudnya integrasi dan kerja sama yang harmonis, dari seluruh unsur kekuatan dan potensi nasional bangsa dalam menyelenggarakan pertahanan/keamanan nasional, yang saat ini dikenal dengan ketahanan nasional.

Di hari ulang tahun ke-59, Lemhannas RI mengangkat tema “Reaktualisasi Ketahanan Nasional”, dan menjadi sebuah harapan agar dapat diingatnya kembali jati diri bangsa dengan memperkuat ketahanan nasional yang merupakan daya lentur bangsa, berisi keuletan dan ketangguhan bangsa dalam menghadapi berbagai potensi ancaman, gangguan, hambatan dan tantangan. 

Mengenai isu-isu strategis yang berkembang mulai dari tantangan ekonomi global, demokratisasi, transformasi digital, ekonomi biru, geopolitik global, Ibu Kota Nusantara (IKN), serta kondisi perang Rusia-Ukraina dan konflik Palestina sejatinya telah memengaruhi kondisi peradaban dunia dan nilai-nilai kehidupan masyarakat sosial termasuk bangsa Indonesia. 

Sejalan dengan hal tersebut, Eko Margiyono mengatakan kebijakan dan strategi nasional yang dijalankan pemerintah harus mampu menjawab segala ancaman dan tantangan tersebut.

Merayakan ulang tahunnya, Lemhannas RI juga menyelenggarakan serangkaian kegiatan, di antaranya perlombaan berbagai macam jenis olahraga, perlombaan pembuatan video kreatif, perlombaan kebersihan, bakti sosial, donor darah, ziarah ke Makam Ir. Soekarno di Blitar, upacara, launching buku, pameran foto, serta syukuran dan sarasehan. Rangkaian kegiatan peringatan HUT Lemhannas RI ini bertujuan untuk mempererat ikatan antar personel dan meningkatkan semangat kerja personel Lemhannas RI yang terdiri dari TNI, Polri, ASN, satkam, cleaning service, pramusaji, resepsionis, dan pegawai koperasi, serta alumni Lemhannas dari berbagai kegiatan pendidikan. 

Hadir dalam kegiatan tersebut, antara lain, Plt. Gubernur Lemhannas RI Letnan Jenderal TNI Eko Margiyono, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. R. Z. Panca Putra S., M.Si., para Deputi Lemhannas RI, Wakil Koordinator Tenaga Ahli Pengajar, Tenaga Ahli Pengkaji, dan Tenaga Profesional, serta para Ibu Perista.

Selain pejabat internal, hadir pula Gubernur dan Wakil Gubernur Lemhannas RI terdahulu, antara lain Prof. Dr. Ermaya Suradinata, M.H., Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, CES., DEA., Letnan Jenderal TNI (Purn) Mohamad Sabrar Fadhilah, dan Marsekal Madya TNI (Purn) Wieko Syofyan. (SP/BIA)


<script src="https://code.responsivevoice.org/responsivevoice.js?key=oK4OtHmB"></script>


Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749