Gubernur Lemhannas RI Tekankan Kepada Alumni PPRA 65 Untuk Menjadi Pemimpin

“Saya mengucapkan selamat atas selesainya, menuntaskan PPRA di Lemhannas RI tahun 2023,” kata Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto dalam Upacara Penutupan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 pada Senin (28/8), di Ruang Dwiwarna Purwa, Lemhannas RI.

Hasil sidang Dewan Penilai telah memutuskan dan menetapkan bahwa 100 peserta PPRA 65, terdiri dari 91 peserta dalam negeri dan 9 peserta mancanegara, telah dinyatakan lulus dan berhak menerima ijazah. Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Marsda TNI Andi Heru Wahyudi dalam laporannya menyampaikan pelaksanaan Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 Lemhannas RI telah berjalan dengan lancar sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dan dapat memenuhi kriteria kelulusan yang telah ditetapkan.

Pada kesempatan tersebut, Andi Widjajanto berpesan kepada seluruh lulusan PPRA 65 bahwa mereka sudah seharusnya mengerti apa yang harus dilakukan dengan berlandaskan cara berpikir komprehensif sesuai astagatra. “Teman-teman sudah seharusnya tau bagaimana kita memandang dunia dalam pertarungan geopolitik ke depan,” ujarnya.

Kemudian, Andi Widjajanto juga mengingatkan harus mengerti bagaimana Indonesia memandang dunia serta mengetahui cara mengantisipasi perencanaan strategis, meningkatkan kewaspadaan nasional, dan mengatasi krisis. “Hari ini teman-teman tidak boleh lagi bercita-cita sebagai pemimpin, hari ini teman-teman harus langsung memimpin. Stop imagining, (stop) dreaming become leader. Just be the leader,” ucapnya.

Andi Widjajanto juga mengingatkan seluruh alumni PPRA 65 untuk menjaga nama baik Lemhannas RI. Apalagi para alumni akan dikukuhkan menjadi bagian dari Ikatan Keluarga Alumni Lemhannas RI (IKAL). Para alumni juga diharapkan untuk selalu berinteraksi dengan Lemhannas RI.

Mengakhiri sambutannya, Andi Widjajanto mengembalikan para alumni PPRA 65 kepada instansinya masing-masing. Menurutnya, pendidikan yang diikuti para alumni PPRA 65 merupakan bentuk investasi. Diharapkan para alumni PPRA 65 bisa mengembalikan hasil investasi tersebut melalui inovasi dan transformasi pada masing-masing institusi. “Semoga kita bisa menjaga investasi sumber daya manusia yang hari ini dinyatakan lulus dan Lemhannas RI,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut juga disampaikan peserta peraih Predikat Akademik Terbaik dan Predikat Kertas Karya Ilmiah Perseorangan (Taskap) Terbaik. Dari dalam negeri, Predikat Akademik Terbaik diraih oleh Kolonel Inf. Haryantana, S.H., dan Predikat Taskap Terbaik Kolonel Laut (Teknik) Siswanto, ST., MT. Sedangkan untuk peserta mancanegara, Predikat Akademik Terbaik Peserta Negara Sahabat diraih oleh Kapten Abd. Halim Kamarudin TLDM, M.Soc, Sc. DS (UKM) yang berasal dari Malaysia dan Predikat Taskap Terbaik diraih oleh Colonel Wong Mingje, MMDS dari Singapura.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, yakni Sekretaris Utama Lemhannas RI, Para Deputi Lemhannas RI, Para perwakilan Kementerian/Lembaga asal Alumni PPRA 65 Lemhannas RI, dan Perista Lemhannas RI. (NA/BIA)


<script src="https://code.responsivevoice.org/responsivevoice.js?key=oK4OtHmB"></script>


Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749