Agus Widjojo: Pemahaman Terhadap Nilai-Nilai Kebangsaan Penting Untuk Dibumikan Kembali

“Di era keterbukaan informasi seperti saat ini, bahaya radikalisme, separatisme, penyebaran berita bohong (hoaks), dan ancaman perpecahan terus mengintai masyarakat dan bangsa Indonesia,” kata Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo pada Upacara Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Secara Virtual Bagi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan I Tahun 2021 Lemhannas RI. Kegiatan tersebut dibuka pada Senin, 15 Februari 2021 dan direncanakan ditutup pada Senin, 22 Februari 2021.

Kepada 97 orang yang menjadi peserta, Agus menyampaikan bahwa minimnya pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan sebagai acuan dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, sungguh telah membuat masyarakat begitu mudahnya diprovokasi serta dipecah belah oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab. Oleh karena itu, pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan dipandang sangat penting untuk segera dilaksanakan, disosialisasikan, serta dibumikan kembali di tengah-tengah masyarakat, agar semangat bela negara semakin menggelora sekaligus menguatkan persatuan dan menjaga keutuhan bangsa.

“Ikatan Alumni ITB merupakan wadah pemersatu dari kaum intelektual, yang merupakan lulusan dari Institut Teknologi Bandung,” ujar Agus. Menurut Agus, Alumni ITB yang telah tersebar di berbagai wilayah Indonesia, sebagian telah memiliki posisi jabatan strategis, baik dalam struktur pemerintahan, BUMN, maupun pada sektor swasta. Meskipun telah tergabung dalam suatu Ikatan Alumni ITB, tentunya tetap ada berbagai perbedaan, seperti perbedaan disiplin ilmu, perbedaan dalam kehidupan bermasyarakat, perbedaan pengalaman, dan perbedaan persepsi serta kualitas pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan.

Dengan demikian, lanjut Agus, sangatlah tepat para peserta yang tergabung dalam Ikatan Alumni ITB untuk mengikuti pemantapan nilai-nilai kebangsaan untuk menyamakan persepsi dan meningkatkan pemahaman terkait dengan nilai-nilai kebangsaan yang bersumber dari empat konsensus dasar bangsa, yaitu Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI. “Dengan adanya bekal, persepsi, dan pemahaman yang sama terkait wawasan dan nilai-nilai kebangsaan ini, diharapkan para peserta mampu memberikan kontribusi yang positif dalam menyelesaikan persoalan bangsa serta senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok,” tutur Agus.

“Saya berharap agar kesempatan yang relatif singkat ini  dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dengan mengikuti seluruh rangkaian kegiatan secara saksama, melakukan tukar pendapat, dan diskusi secara komprehensif terkait berbagai permasalahan bangsa sehingga para peserta memiliki wawasan yang luas serta mampu mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan ini secara baik dan benar,” kata Agus menutup sambutannya.

“Esensi mengusulkan kegiatan ini karena kami merasa sudah waktunya Alumni ITB merenung kembali,” kata Ketua Ikatan Alumni ITB Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc. Salah satunya, Ridwan menyampaikan hal yang harus direnungkan adalah apa masalah yang sedang terjadi dengan bangsa Indonesia. Ridwan juga menyampaikan hal yang akhir-akhir ini menjadi pembahasan di kalangan Alumni ITB, yakni radikalisme. Menurut Ridwan, tindakan pertama yang harus dilakukan adalah menyejukkan suasana. Ridwan berpandangan bahwa semua orang dapat membuat pernyataan dan semua orang berpikir dengan pola pikir masing-masing. “Tidak ada yang mengharuskan kita untuk satu pendapat, tidak ada yang mewajibkan kita untuk punya 1 pilihan politik. Tidak ada yang mewajibkan itu semua,” kata Ridwan. Lebih lanjut Ridwan menegaskan bahwa setiap manusia dilahirkan berbeda-beda dan perbedaan itulah yang menjadi kekayaan. “Kita hanya boleh radikal atas kepentingan Republik Indonesia. Selebihnya kita hargai perbedaan, kita hormati perbedaan,” ujar Ridwan.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749