Gubernur Lemhannas RI Menerima Kunjungan Executive Director of Policy at Asia Society Australia

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Andi Widjajanto menerima audiensi Executive Director of Policy at Asia Society Australia and a Senior Fellow at the Asia Society Policy Institute Richard Maude bertempat di Gedung Trigatra, pada Rabu (31/5).

Pada kunjungan tersebut, Richard Maude didampingi oleh Counsellor Department of Foreign Affairs and Trade (DFAT) Jakarta Sarah Willis dan Australian Defence Attache Brigadier Matt Campbell. Kunjungan tersebut merupakan rangkaian agenda kunjungan Richard Maude beserta pendamping selama di Jakarta

Gubernur Lemhannas RI menyambut baik kunjungan tersebut. Dalam kunjungan tersebut, Richard Maude menyampaikan akan menghadiri Shangri-La Dialogue di Singapura yang juga akan dihadiri oleh Gubernur Andi Widjajanto. 

Gubernur menyampaikan bahwa dirinya akan berada di tim panel bersama Menteri Pertahanan Ukraina, Tiongkok, Belanda, dan Austria pada Shangri-La Dialogue. Dalam kunjungan tersebut, Gubernur Andi membahas tentang ketegangan persaingan teknologi dan perang dagang antara Amerika Serikat (AS) dan Tiongkok 

Lebih lanjut, disampaikan pula bahwa Presiden Joko Widodo membuat tim untuk mencoba menghubungkan kembali AS, Tiongkok, dan Eropa menggunakan terminologi yang sama, yaitu collaboration, cooperation, engagement, not rivalry, dan not competition

“Kita tidak mau menggunakan istilah decoupling (dan) de-risking. Kita sadar bahwa hubungan ekonomi, perdagangan, dan investasi kita akan berasal dari AS, Australia, Singapura, Korea Selatan, Jepang, dan juga Tiongkok,” kata Gubernur Lemhannas RI.

Infrastruktur teknologi juga tidak terpisahkan dari paradigma utama. Namun, dalam hal ini tiba-tiba dunia menjadi terpisah. Teknologi memisahkan beberapa wilayah. Menurut Gubernur Lemhannas RI, itu masalah yang sedang dunia hadapi saat ini.

“Dan di Lemhannas kita mencoba untuk mengkajinya sehingga kita bisa memiliki pemahaman yang lebih mendalam lagi,” tutur Gubernur Andi Widjajanto. Richard Maude juga menyetujui bahwa isu tersebut merupakan isu yang menarik bagi setiap orang saat ini.

Diskusi tersebut dilanjutkan dengan membahas pergeseran signifikan pada keamanan internasional setelah perang dingin. Kemudian, Gubernur Andi Widjajanto juga menyampaikan topik-topik pengkajian utama Lemhannas RI yang diminta Presiden Joko Widodo.

Turut hadir mendampingi Gubernur Lemhannas RI, Tenaga  Profesional Bidang Geografi Lemhannas RI Drs. Sukendra Martha, M.Sc., M.App.Sc.; Kepala Biro Hubungan Masyarakat Brigjen TNI Suratno, S.I.P.; serta Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Laksma TNI Deny Septiana, S.A.P., M.A.P. (SP/CL)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749