Gubernur Lemhannas RI Hadiri 20th Asia Security Summit IISS Shangri-La Dialogue

Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto bersama Menteri Pertahanan Republik Indonesia Prabowo Subianto menjadi delegasi Indonesia dalam 20th Asia Security Summit The International Institute of Strategic Studies (IISS) Shangri-La Dialogue 2023 pada Jumat-Minggu (2-4/6) di Singapura.

Pada hari kedua pelaksanaan 20th Asia Security Summit IISS Shangri-La Dialogue, Andi Widjajanto menjadi salah satu pembicara dalam sesi 5 pada Simultaneous Special Sessions yang mengangkat tema Keamanan Eropa-Atlantik dan Asia-Pasifik.

Pada kesempatan tersebut, Andi Widjajanto berbicara satu panel dengan Shangri-La Dialogue Senior Fellow IISS-Asia sekaligus Editor Asia-Pacific Regional Security Assessment Dr Lynn Kuok, Menteri Pertahanan Ukraina Oleksii Reznikov, Wakil Menteri Luar Negeri China Cui Tiankai, dan Menteri Pertahanan Belanda Kajsa Ollongren.

Di tengah padatnya berbagai sesi di 20th Asia Security Summit IISS Shangri-La Dialogue, Andi Widjajanto juga menyempatkan diri untuk melakukan pertemuan bilateral dengan berbagai pihak, diantaranya bertemu dengan Singapore Permanent Secretary of Defence Mr. Chan Heng Kee, pejabat Microsoft untuk mendiskusikan strategi keamanan siber, pejabat Google mengenai perkembangan kebijakan di Indonesia yang mendukung pertumbuhan digital, serta anggota parlemen Jerman yang mendiskusikan kerja sama keamanan dan pertahanan Indonesia-Jerman.

Tidak hanya melakukan sejumlah pertemuan bilateral, Andi Widjajanto juga menyempatkan diri melakukan wawancara dengan media China Global Television Network (CGTN). Dirinya menjelaskan posisi Indonesia di antara kompetisi yang terjadi antara Amerika Serikat dan Tiongkok di Indo Pasifik.

Sebagai informasi, kegiatan 20th Asia Security Summit IISS Shangri-La Dialogue merupakan pertemuan tingkat Menteri Pertahanan Asia ke-20 yang membahas dinamika geopolitik, perkembangan teknologi militer, serta arsitektur pertahanan di Eropa dan Indo Pasifik. Shangri-La Dialogue 2023 dibuka oleh Perdana Menteri Australia Anthony Albanese yang memberikan paparan kunci tentang pentingnya menjaga dan memperkuat multilateralisme di kawasan Indo Pasifik. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749