Wakil Gubernur Lemhannas RI: Nasionalisme Tidak Hanya Dibangkitkan dengan Slogan. Harus Dipahami dengan Sejarahnya, Kebangsaannya

Wakil Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Wagub Lemhannas RI) Letnan Jenderal TNI Mohamad Sabrar Fadhilah memberikan materi penunjang pada pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (IA-ITB) Angkatan II dan Yayasan Perguruan Cikini Tahun 2022 di Ruang Dwi Warna Purwa, Gedung Pancagatra, pada Senin (24/10).

Mengawali paparannya, Wakil Gubernur Lemhannas RI menjelaskan bahwa Bung Karno menyampaikan Lemhannas RI adalah sekolah yang lebih menitik beratkan kepada geopolitik. “Kita tahu perubahan yang terjadi, perkembangan jaman, kemajuan teknologi. Ini menyebabkan banyak hal terkait geopolitik dunia yang terus mencari caranya, mencari bentuknya,” tutur Wakil Gubernur Lemhannas RI.

Lebih lanjut, Wakil Gubernur Lemhannas RI menyampaikan terkait Konsep ketahanan nasional yang terdiri dari Tri Gatra dan Panca Gatra. Tri Gatra terdiri dari Geografi, Sumber Kekayaan Alam dan Demografi. Tri Gatra sifatnya statis dan sulit mengalami perubahan. Sedangkan Panca Gatra terdiri dari Ideologi, Politik, Ekonomi, Sosial Budaya dan Hankam. Panca Gatra bersifat lebih dinamis dan mengalami perubahan yang cepat dan signifikan.

Dalam memahami Indonesia, perlu mengetahui sejarah perjalanan bangsa Indonesia, budaya dan peradaban, Kesepakatan bangsa dalam hal ini konsensus dasar dan nilai-nilai kebangsaan, serta memahami perkembangan lingkungan strategis nasional dan internasional. Setelah memahami keempat hal tersebut, kita dapat memahami kondisi Indonesia untuk mencapai kepentingan nasional.

Kemudian, Wakil Gubernur Lemhannas RI membahas terkait nasionalisme. “Nasionalisme tidak hanya dibangkitkan dengan slogan. Harus dipahami dengan sejarahnya, kebangsaannya,” katanya. Wakil Gubernur Lemhannas RI berharap rasa kebangsaan ini menyebabkan semua orang secara kolektif menjadi anak bangsa yang terus menjaga negerinya dengan baik.

Di akhir paparan, Wakil Gubernur Lemhannas RI menyampaikan harapannya agar yang dilakukan peserta pemantapan nilai-nilai kebangsaan hari ini dapat memberikan kontribusi terbaik yang positif untuk menatap masa depan negeri yang jauh lebih baik melalui pengabdian para peserta.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749