Tim Pengkajian Lemhannas RI Bertolak ke Sorowako guna Perdalam Materi Kajian

“Kami berharap kehadiran kami di PT Vale Indonesia akan mendapatkan berbagai informasi dan masukan terkait implementasi green economy,” kata Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. Hal tersebut disampaikan saat Tim Pengkajian Lemhannas RI berdiskusi dengan PT Vale Indonesia pada Kamis (8/9)

Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs. Purwadi Arianto, M.Si. berserta Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI dan sejumlah tim pengkajian Lemhannas RI bertolak ke Sorowako, Sulawesi Utara selama tiga hari, yakni dimulai Rabu (7/9) sampai Jumat (9/9). Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperdalam materi kajian jangka panjang “Implementasi Green Economy dalam rangka Percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional”.

Lebih lanjut, Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI menjelaskan bahwa sebelumnya telah dilakukan kunjungan lokus ke Provinsi Kalimantan Utara dan Provinsi Sulawesi Selatan guna mengumpulkan data kajian dengan judul yang sama.

PT Vale Indonesia merupakan salah satu perusahaan multitambang produsen nikel terbesar di dunia dengan standar global dan berkomitmen penuh pada praktik pertambangan berkelanjutan. Sejalan dengan hal tersebut, PT Vale Indonesia memiliki komitmen jangka panjang yang berkontribusi positif terhadap pembangunan Indonesia yang berkelanjutan melalui program pemberdayaan jangka panjang (berkelanjutan), kemitraan tiga pilar (pemerintah, perusahaan, dan masyarakat), dan mengutamakan akuntabilitas serta transparansi.

“Pilar strategis PT Vale Indonesia dapat dijadikan contoh bagi perusahaan tambang lain untuk menyertakan keberlanjutan sebagai bagian tak terpisahkan dari bisnisnya dengan membangun ekonomi, sosial, dan lingkungan, serta memitigasi dampak operasi,” ucap Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI. Oleh karena itu, Lemhannas RI memilih mengunjungi PT Vale Indonesia guna melihat hal-hal yang telah PT Vale Indonesia lakukan dan dampak yang terjadi terhadap masyarakat dan lingkungan sekitar.

Selama tiga hari berada di Sorowako, rombongan Lemhananas RI melaksanakan berbagai kegiatan dan mengunjungi berbagai tempat, diantaranya adalah mengikuti program pengenalan keselamatan kerja (GIP) serta pengenalan singkat mengenai peta lingkungan, sosial, dan tata kelola (ESG) dan pengelolaan PT Vale Indonesia, mengunjungi Kebun Pembibitan (Nursery), menanaman tanaman lokal, mengunjungi Waste Segregation Plant, LGS., berdiskusi dengan PT Vale Indonesia, mengunjungi PLTA Balambano, mengunjungi area tambang dan rehabilitasi/reklamasi, mngunjungi control room energy, dan mengunjungi pabrik pengolahan nickel process plant. (CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749