Lemhannas RI Selenggarakan Evaluasi Dampak Training of Trainers (Tot) Nilai-Nilai Kebangsaan Di Jawa Barat

Usai melaksanakan program Training of Trainers (ToT) Nilai-Nilai Kebangsaan di Bandung, Provinsi Jawa Barat pada tahun 2017 lalu, Lemhannas RI melalui tim Direktorat Program dan Pengembangan Pemantapan Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI, menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Dampak terhadap para alumni program tersebut pada Kamis (26/4) di Ruang Royal Palm, Hotel Aston Tropicana Bandung, Jawa Barat.

 

Kegiatan yang dibuka oleh Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Laksda TNI Dedy Yulianto, dihadiri oleh 80 orang peserta yang meliputi 40 orang alumni dan 40 orang peserta dari lingkungan alumni, dengan latar belakang para guru, dosen dan widyaiswara dari berbagai instansi.

 

Dalam sambutannya, Dedy berharap bahwa kegiatan ini dapat mengukur efektivitas program dan outcome yang dihasilkan oleh para alumni, terutama dalam menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan di lingkungannya masing-masing.

 

Sementara Sekretaris Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat Khoirul Naim, SKM, M.Epid menyampaikan perlu diwaspadai bahwa internalisasi nilai-nilai kebangsaan tengah berkejaran dengan ideologi global dan berbagai paham yang menyimpang.

 

Oleh karena itu, menurut Khoirul, diperlukan penguatan wawasan kebangsaan secara sinergis termasuk dengan Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dan para Alumni ToT untuk melahirkan ide-ide baru yang terukur output dan outcome-nya.

 

Sedangkan Sekretaris Alumni ToT Nilai-Nilai Kebangsaan Jawa Barat, Dr. Dante Rigmalia, M.Pd berharap perlu adanya tindak lanjut dan dukungan Lemhannas yang lebih terstruktur, untuk memperkuat penanaman nilai-nilai kebangsaan kepada para peserta didik.

 

Turut hadir dalam kegiatan Evaluasi Dampak di Bandung yaitu Direktur Program dan Pengembangan Pemantapan Brigjen Pol Drs. Rafli, S.H. dan Direktur Ideologi & Padnas Laksma TNI Erman Syafril, S.H., M.M.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749