Direktorat Pengkajian Ideologi dan Politik Kembali Selenggarakan FGD Pengaruh Politik Identitas

Direktorat Pengkajian Ideologi dan Politik Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) kembali menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) kajian strategis jangka panjang “Pengaruh Politik Identitas Terhadap Demokrasi di Indonesia”, pada Rabu (28/4). FGD kedua ini merupakan tahap lanjutan dari FGD yang telah dilaksanakan pada 17 dan 18 Maret 2021 bertempat di Lokus Provinsi Sumatera Utara.

“Pada dasarnya politik identitas tidak dapat dihindari dalam demokrasi,” ungkap Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. Namun, Reni menegaskan bahwa hendaknya identitas yang dibawa ke dalam politik tersebut diperankan secara beretika dan bermoral, tidak melampaui batas yang dapat merenggangkan persatuan dan kesatuan bangsa.

Dengan kondisi masyarakat Indonesia yang belum sepenuhnya melek politik dan hukum, dikhawatirkan akan merebaknya sikap emosional yang mudah tersulut api politik praktis sehingga berakibat timbulnya konflik vertikal maupun horizontal, yang justru akan merugikan keutuhan bangsa Indonesia. Pada FGD di Lokus Provinsi Sumatera Utara, ada beberapa hal yang dapat diambil, di antaranya adalah bahwa untuk dapat mengelola fenomena politik identitas, hendaknya perlu meningkatkan aspek demokrasi yang berkualitas, yakni dengan cara komunikasi politik yang menekankan kesepahaman dalam politik untuk tetap berpegang teguh pada konsensus dasar bangsa. Sejalan dengan hal tersebut, pendidikan politik dirasa perlu ditingkatkan agar masyarakat dapat berpartisipasi secara positif di dalam politik demokrasi.

“Fenomena ini merupakan tantangan yang dihadapi dan perlu dicari solusinya agar keran demokrasi yang ada dapat dipergunakan dengan sesuai koridor hukum di Indonesia,” ujar Reni. Oleh karena itu, sumbangsih pemikiran tiap-tiap narasumber dan penanggap diharapkan dapat memberikan masukan dalam kajian yang disusun.

Hadir pada kesempatan tersebut sebagai narasumber Deputi I Bidang Politik Dalam Negeri Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan RI Mayjen TNI Purnomo Sidi, Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Indonesia Prof. Dr. Valina Singka Subekti, M.Si., Anggota DPD RI Pdt. Dr. Willem Tumpal Pandapotan Simarmata, M.A., dan Rektor Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta Periode 2006-2015 Prof. Dr. Komaruddin Hidayat. Turut hadir sebagai penanggap Direktur Politik Dalam Negeri Kementerian Dalam Negeri RI Drs. Syarmadani, M.Si., Kepala Pusat Penelitian Politik Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) Prof. Dr. Firman Noor, M.A., Direktur Eksekutif Center For Social Political Economic and Law Studies (CESPELS) Dr. Ubedilah Badrun, M.Si., serta Direktur Eksekutif Lingkar Madani (LIMA) Ray Rangkuti.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749