Marsekal TNI (Purn.) Chappy Hakim Sumbangkan Sejumlah Buku kepada Lemhannas RI

Kepala Staf Angkatan Udara periode tahun 2002-2005 Marsekal TNI (Purn.) Chappy Hakim menyumbangkan sebanyak 30 eksemplar buku kepada Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI), Jumat (05/03). Buku-buku yang akan menjadi koleksi Perpustakaan Lemhannas RI tersebut sebagian besar merupakan buku Administrasi Negara dan Ilmu Kemiliteran, tetapi terdapat pula buku biografi dan psikologi. Penyerahan buku tersebut diterima langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo.

“Saya menyumbangkan buku-buku di Perpustakaan Lemhannas karena saya lulusan Lemhannas,” kata Chappy. Lebih lanjut Chappy menyampaikan keinginan untuk adanya momen dan kesempatan mengembangkan Pusat Studi Air Power Indonesia. Tujuan yang ingin dicapai adalah adanya produk-produk pemikiran yang dapat disampaikan ke Lemhannas RI dan dapat juga dipelajari melalui Lemhannas RI.

Pada kesempatan tersebut, Marsekal TNI (Purn) Chappy Hakim juga saling berukar pendapat dengan Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo yang didampingi oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan, Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI Agus Arif Fadila, dan Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Laksma TNI Sri Widodo.

“Kita mengikuti derap perkembangan lingkungan strategi,” kata Agus. Kemudian Agus menyampaikan bahwa saat ini Lemhannas RI sedang dalam proses mencoba untuk menggeser metodologi, yakni mentransformasikan dari konvensional top down menjadi lebih banyak melibatkan peserta dengan berpikir kritis. Dengan adanya transformasi tersebut, para peserta diharapkan mempunyai pengetahuan yang lebih tinggi dan memiliki perbandingan pengetahuan, bukan hanya dari tenaga pengajar saja tapi dari sesama peserta.

Dalam bidang pengkajian strategik, Agus menyampaikan bahwa pengkajian di Lemhannas RI belakangan ini semakin dipertajam dari segi kualitas dan dalam segi kuantitas halaman agar tidak terlalu banyak. “Belakangan ini lebih dipertajam,” ujar Agus. Dalam proses penyusunan kajian, Lemhannas RI juga selalu melibatkan seluruh pemangku kepentingan, baik praktisi, akademisi, maupun birokrasi. Hal tersebut bertujuan untuk memperkaya masukan yang diterima Lemhannas RI.

Mengakhiri pertemuan tersebut, Agus menyampaikan terima kasih serta memberikan Buku Kiprah Lemhannas RI kepada Chappy.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749