Lemhannas RI Terima Kunjungan Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo menerima kunjungan Wakil Ketua Umum Pengurus Pusat Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (PP KAMMI) Muhammad Fahmi Idris yang didampingi oleh Bendahara Umum PP KAMMI Mangaraja Harahap pada Kamis (04/03). Pada audiensi tersebut, Gubernur didampingi oleh Wakil Gubernur Lemhannas RI Marsdya TNI Wieko Syofyan, Deputi Bidang Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Kepala Biro Humas Lemhannas RI Brigjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P., dan Kepala Biro Kerja Sama dan Hukum Laksma TNI Sri Widodo, S.T., CHRMP.

Mangaraja menjelaskan bahwa KAMMI melakukan transformasi ideologi dan transformasi gerakan. Pada awalnya, KAMMI hanya melakukan banyak diskusi terkait masalah keagamaan, tidak dengan masalah sosial. Tetapi, pada tahun 1998 KAMMI mencoba membawa mahasiswa muslimin untuk bicara masalah kebangsaan. Hingga pada tahun 2019 tercipta semboyan “Bangun Daulat” yang merupakan bagian dari transformasi ideologi KAMMI.

“Transformasi artinya kita memang menyadari dari posisi KAMMI ini berada di Indonesia,” ujar Mangaraja. Lebih lanjut Mangaraja menyampaikan adanya kesadaran untuk mensyukuri keberadaan Indonesia dengan anugerah yang berlimpah. Mangaraja juga berpendapat bahwa sangat disayangkan jika anak muda di Indonesia tidak mempunyai kontribusi. Oleh karena itu, agenda-agenda KAMMI sudah hampir 10 tahun ke belakang merupakan bicara tentang masalah Kedaulatan Bangsa dan Persatuan Negara Republik Indonesia.

Mangaraja juga menyampaikan bahwa pada 10-13 Maret KAMMI akan melakukan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) guna menguatkan agenda internal, yakni penguatan kaderisasi. KAMMI juga pada 15-17 Maret merencanakan agenda terkait masalah Sekolah Kepemimpinan Strategik dengan tema “Bahaya Radikalisme dan Menjaga Kedaulatan Bangsa”. Terkait kegiatan tersebut, KAMMI mengharapkan kesediaan Gubernur Lemhannas RI untuk memberikan materi agar rasa kecintaan anak muda terhadap tanah air terus bertumbuh.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo menyampaikan apresiasi atas niat KAMMI sebagai organisasi generasi muda. Terkait transformasi KAMMI, Agus menyampaikan bahwa kesadaran untuk bertransformasi tersebut sangat diperlukan untuk menghadapi tantangan yang sangat besar. “Saya apresiasi bahwa ini adalah atas dasar aspirasi yang ada di dalam KAMMI,” kata Agus.

Selanjutnya Agus menyampaikan bahwa saat ini bangsa Indonesia berada pada masa transisi, menghadapi krisis yang terutama disebabkan oleh pandemi Covid-19, dan menghadapi masa-masa krisis yang belum terlihat pada hari ini yang akan dihadapi pada hari-hari mendatang. Agus berpendapat bahwa dalam mengatasi hal tersebut diperlukan upaya dari anak bangsa untuk bersatu memfokuskan perhatiannya pada hal-hal tersebut yang sifatnya lebih banyak pada pembangunan yang menyejahterakan masyarakat. “Mari kita pusatkan perhatian kita untuk membangun bangsa, mempersiapkan bangsa menghadapi tantangan-tantangan dan ancaman-ancaman yang memang betul-betul secara konkret akan dihadapi oleh bangsa ini,” kata Agus.

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749