Agus Widjojo: Lemhannas adalah Sentuhan Akhir bagi Pimpinan Nasional Tingkat Strategis

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo memberikan pengarahan kepada 80 peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 Lemhannas RI, Selasa (09/03). “Para peserta mendapat kehormatan untuk mengikuti pendidikan di Lemhannas RI,” kata Agus. Hal tersebut dinyatakan Gubernur bukan tanpa sebab, pemilihan untuk mengikuti pendidikan di Lemhannas RI melalui proses penyaringan yang ketat hingga terpilihlah sejumlah peserta untuk mengikuti program pendidikan di Lemhannas RI.

“Lemhannas adalah sentuhan akhir bagi pimpinan nasional tingkat strategis yang intinya adalah memoles para pimpinan nasional itu dengan nilai-nilai kebangsaan,” ujar Agus. Pada kesempatan tersebut, Agus menyampaikan bahwa Lemhannas RI membekali para peserta dengan nilai-nilai kebangsaan sehingga diharapkan nantinya ketika menduduki jabatan pimpinan pada tingkat strategis seluruh peserta sudah mempunyai pemikiran paradigma yang sama ketika merumuskan kebijakan publik.

Diharapkan pendidikan di Lemhannas RI membentuk kader pimpinan tingkat nasional yang dapat mentransformasikan gagasan, doktrin, dan pemikiran menuju pada hal yang konkret, yakni kebijakan publik. “Kebijakan yang nantinya akan dioperasionalkan dan bisa dirasakan oleh masyarakat,” tegas Agus.

 “Lemhannas tidak mencetak pemimpin, para peserta sudah menjadi pemimpin,” tutur Agus. Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa tujuan pendidikan Lemhannas RI memantapkan dengan memberikan pembekalan tentang nilai-nilai kebangsaan sehingga kader pimpinan tingkat nasional memiliki karakter negarawan. Karakter negarawan yang diharapkan adalah yang berpikir segala sesuatu untuk kepentingan negara dan bangsa tanpa memberikan batas-batas yang bisa bersifat sektoral. Batas-batas sektoral yang dimaksud adalah yang membedakan antara satu dengan lainnya yang bisa menjurus untuk penumbuhan adanya arogansi sektoral dan sektoral yang tidak diselaraskan dengan komprehensif.

Untuk membentuk kader pimpinan tingkat nasional yang berkarakter negarawan, materi yang disampaikan Lemhannas RI dalam seluruh kurikulum selama penyelenggaraan pendidikan adalah materi mengenai wawasan kebangsaan serta berpikir strategis dan terampil dalam memecahkan masalah pada lingkup nasional, global, dan regional.

Setelah menjalani tahap off campus selama 4 minggu, saat ini PPRA 62 kembali menjalani tahap on campus secara virtual.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749