Angkatan Laut Kerajaan Thailand Kunjungi Lemhannas RI

Direktur Pusat Studi Strategis Angkatan Laut Thailand RADM Thamrong Tiammek bersama beberapa delegasi Angkatan Laut Kerajaan Thailand melakukan kunjungan ke Lemhannas RI, Kamis (25/7). Kunjungan tersebut diterima langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, dilanjutkan dengan melakukan courtesy call di Ruang Tamu Gubernur Gedung Astagatra lantai 1 Lemhannas RI.

 

Setelah berbincang dan berdiskusi, delegasi dari Thailand ini mengunjungi Laboratorium Pengukuran Ketahanan Nasional (Labkurtannas). Di Labkurtannas, rombongan delegasi diterima oleh Tenaga Profesi Bidang Sumber Kekayaan Alam (SKA) dan Ketahanan Nasional Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Dadan Umar Daihani, DEA yang menjelaskan tentang seluk beluk ketahanan nasional dan pengukurannya.

 

“Kini Indonesia memasuki situasi yang sangat dinamis dan rumit,” ujar Dadan membuka penjelasannya mengenai Sistem Pengukuran Ketahanan Nasional (Siskurtannas). Lebih lanjut Dadan menjelaskan bahwa banyak faktor yang mempengaruhi keadaan saat ini, faktor tersebut adalah intoleransi, kemiskinan dan krisis ekonomi, serta perbedaan. Oleh sebab itu untuk mengetahui tingkat ketahanan nasional, Lemhannas RI membuat sistem pengukuran indeks ketahanan nasional.

 

“Sistem ini terdiri dari 2506 parameter, 821 indikator, 108 variabel dan 8 gatra,” ungkap Dadan. Selanjutnya Dadan mejelaskan bahwa penentu statis memberikan deskripsi mengenai ketahanan nasional pada saat diukur dan memberikan informasi mengenai indikator strategik. Sedangkan penentu dinamis berguna untuk menemukan korelasi antar semua variabel dan bisa membantu untuk mengembangkan isu strategik. “Setiap tahun kami mengukur, menganalisa dan memonitor progres ketahanan nasional Indonesia,” lanjut Dadan.

 

“Lemhannas RI berusaha untuk mensimulasikan jika ada perubahan besar di masa depan. Dengan sistem ini Lemhannas RI dapat mengembangkan rumusan rekomendasi yang dibutuhkan oleh pemerintah,” ujar Dadan menutup paparannya di depan delegasi Angkatan Laut Kerajaan Thailand.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749