Kepala BNN: Penyelundupan Narkoba 80% Lewat Jalur Laut

Kepala Badan Narkotika Nasional, Komjen Pol. Drs. Heru Winarko, S.H. menyatakan kondisi geografis Indonesia yang mayoritas berupa lautan dimanfaatkan sebagai jalur favorit bagi para sindikat untuk melakukan penyelundupan narkoba dari luar negeri. “Penyelundupan narkotika ke Indonesia sendiri, 80% melewati jalur laut”, ungkap Heru dalam ceramahnya tentang “Bersinergi Menyelamatkan Generasi dan Menjaga Negeri dari Ancaman Kejahatan Narkoba” untuk peserta PPRA 59 di ruang NKRI, Gedung Panca Gatra, Lemhannas RI, Rabu, (24/7).

 

Jalur laut ini dilewati karena semakin ketatnya pengawasan di bandara. “Kami di sini bekerja sama dengan teman-teman Angkatan Laut, Bakamla, Bea Cukai dan lainnya untuk operasi di Indonesia,” tambah Heru. Salah satu cara untuk menekan peredaran narkoba di dalam negeri sendiri adalah dengan cara memutus jalur peredaran narkoba (pasokan) sejak di luar negeri, baik sejak di negara produksi maupun di negara transit. Oleh karena itu, perlu adanya diplomat intelijen narkoba di beberapa negara.

 

Di kawasan Asia Tenggara sendiri, ada tiga tempat jaringan narkoba, yang pertama disebut “The Golden Triangle” atau jaringan Segitiga Emas yang meliputi Thailand, Myanmar dan Laos. Heru menambahkan, di Vietnam dan Kamboja juga terdapat banyak produsen atau pabrik narkoba ilegal. Ada juga “The Golden Crescent” yang meliputi Afghanistan, Pakistan, dan Iran. Terakhir, ada “The Golden Peacock” yang berasal dari Amerika Latin.

 

Memasuki era digitalisasi sekarang ini, BNN mengungkapkan bahwa transaksi narkoba sekarang ditambah melalui jalur dunia maya. Pertama, ada surface web market, yakni peredaran narkoba yang dilakukan melalui media sosial dan website. Kedua, ada deep web market, yakni peredaran narkoba yang dilakukan melalui jaringan internet tersembunyi yang sangat sulit dilacak. Terakhir, ada Cryptomarket, yakni transaksi menggunakan crypto-currency melalui internet, tidak mudah dilacak dan identitas tersembunyi.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749