Hari Sumpah Pemuda ke-91: Bersatu Kita Maju

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke-91, Lembaga Ketahanan Nasional RI melaksanakan Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Tengah Lemhannas RI, Senin (28/10). Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo bertindak langsung sebagai Inspektur Upacara.

Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 mengangkat tema “Bersatu Kita Maju”. Tema tersebut bertujuan untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. Pemuda untuk mencapai Indonesia Maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

Pada kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo membacakan sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia. Dalam sambutan disampaikan bahwa pada saat ini di belahan dunia telah lahir generasi muda yang memiliki pola pikir yang serba cepat, serba instan, lintas batas, cenderung individualistik dan gramatik. Sejalan dengan hal tersebut perkembangan teknologi informasi juga semakin pesat, namun dapat diibaratkan bagai dua mata pisau. Pada satu sisi perkembangan tersebut memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. Sedangkan pada sisi yang lain perkembangan tersebut menimbulkan dampak negatif seperti mudahnya penyebaran informasi yang bersifat destruktif seperti pornografi, narkoba, pergaulan bebas, radikalisme, dan terorisme.

Pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras, dan kultur yang kemudian menuju pada persatuan dan kesatuan bangsa. Sedangkan pemuda saat ini harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. “Pemuda adalah masa depan bangsa dan negara, pemuda juga harapan bagi dunia. Pemuda Indonesia harus maju dan berani menaklukkan dunia, saya berharap ke depan akan banyak muncul tokoh-tokoh muda yang mendunia,” ujar Agus.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ini diikuti oleh para pejabat struktural Lemhannas RI, para tenaga ahli pengajar, tenaga ahli pengkaji, tenaga profesional, para peserta Program Pemantapan Pemimpin Daerah Angkatan (P3DA) X, serta segenap personil Lemhannas RI.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749