Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Sebagai Unsur Nation Character Buiding

Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Bagi Staf PT. Bank Negara Indonesia Tahun 2016 dibuka oleh Gubernur Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, DEA pada Rabu (10/2), di Ruang Pancasila Gd. Trigatra Lt. III Lemhannas RI.

 

Pemantapan yang dilaksanakan selama tiga (3) hari dimulai tanggal 10 s.d 12 Februari 2016 dan diikuti 60 orang peserta ini menggunakan metode ceramah dan tanya-jawab, diskusi, dan pembinaan peserta.

 

Sementara dalam pelaksanaannya materi yang diberikan terbagi tiga kategori yaitu, dasar (implementasi wawasan nusantara dan ketahanan nasional, implementasi kewaspadaan nasional dan kepemimpinan nasional), utama (implementasi nilai-nilai kebangsaan yang bersumber pada pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI), dan penunjang (pemberdayaan wilayah dalam perspektif geopolitik dan geostrategi, pengantar nilai-nilai kebangsaan, dan sejarah perjalan bangsa).

 

Dalam sambutan pembukaannya, Budi Susilo Soepandji mengatakan, para peserta harus mampu menjadi panutan dalam mengimplementasikan budaya kerja yaitu profesionalisme, integritas, orientasi perbankan, meningkatkan kompetensi, jujur, dan disiplin dalam memberikan pelayanan perbankan kepada masyarakat. Ia menambahkan, nilai-nilai kebangsaan sangat penting sebagai perekat persatuan bangsa ditengah kebhinnekaan dan menjadi unsur utama dalam membangun karakter kebangsaan dalam bernegara/nation character building.

 

“Saya berharap kepada seluruh peserta untuk dapat memanfaatkan kegiatan tersebut sebagai wadah bertukar pikiran, menambah pengalaman, memperluas jaringan kerja antar peserta, dan sebagai sarana mentransformasikan diri sebagai pejabat perbankan yang senatiasa memperjuangkan kepentingan masyarakat”, harap Budi Susilo Soepandji



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749