Evaluasi Dampak ToT Lemhannas: Sejauh Mana Alumni Berkontribusi

Kamis (27/7), Tim Direktorat Program dan Pengembangan Pemantapan Kedeputian Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI menyelenggarakan kegiatan Evaluasi Dampak terhadap program Training of Trainers (T.o.T) Nilai-Nilai Kebangsaan yang telah dilaksanakan di Balikpapan Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 2016 lalu.

 

Bertempat di Ballroom Borneo, Hotel Novotel Balikpapan, kegiatan Evaluasi Dampak dibuka oleh Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Laksda TNI Dedy Yulianto. Dalam sambutannya, Dedy Yulianto menyampaikan tujuan Evaluasi Dampak ini adalah untuk mengukur sejauh mana dampak perubahan sosial yang muncul dan bagaimana kontribusi Alumni dalam menyebarluaskan nilai-nilai kebangsaan di lingkungannya masing-masing.

 

Menanggapi kegiatan tersebut, Wakil Walikota  H. Rahmad Mas’ud, S.E. berharap dapat memberikan hasil yang baik dalam menumbuhkembangkan semangat kebangsaan, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap sistem ketatanegaraan, serta sekaligus memberikan kontribusi bagi kemajuan bangsa dan menggelorakan semangat kebangsaan kepada masyarakat.

 

Sementara dalam kesempatan yang sama, Ketua Alumni T.o.T Nilai-nilai Kebangsaan Balikpapan yaitu Drs. Suprijadi, M.M. menyampaikan bahwa telah banyak kegiatan yang dilakukan oleh para Alumni, diantaranya sebagai Narasumber dalam PKKMB (Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru), serta pemberian materi Wawasan Kebangsaan di sejumlah Perguruan Tinggi. Kegiatan penyebarluasan Wawasan Kebangsaan ini diharapkan dapat diteruskan juga dalam bentuk PLS (Pengenalan Lingkungan Sekolah) hingga ke level Kabupaten/Kota.

 

Acara ini dihadiri oleh 80 orang peserta yang meliputi 40 orang Alumni dan 40 orang peserta dari Lingkungan Alumni, dengan latar belakang dari kalangan birokrat, TNI dan Polri, guru/akademisi, para tokoh dan kalangan pemuda.

 

Turut hadir dalam kegiatan Evaluasi Dampak di Balikpapan yaitu Taji Sismennas Laksda TNI Ir. Yuhastihar, M.M., Deputi Evaluasi dan Pengendalian Unit Kerja Presiden Pemantapan Ideologi Pancasila (UKP-PIP) Dr. Silverius Sonny Y. Soeharso, serta Direktur Program dan Pengembangan Pemantapan Brigjen Pol Drs. Rafli, S.H.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749