Lemhannas RI Laksanakan Pelatihan untuk Pelatih di Sulawesi Utara

“Ini dilakukan untuk memantapkan nilai kebangsaan berdasarkan empat konsensus yang telah kita sepakati,” kata Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto saat memberikan sambutan pada Pembukaan Pelatihan untuk Pelatih/Training of Trainers (ToT) Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan bagi Dosen, Guru, dan Widyaiswara di Provinsi Sulawesi Utara Tahun 2023 pada Selasa (6/6), di Hotel Sutan Raja Manado, Sulawesi Utara. 

Berlangsung selama sebelas hari, sebanyak 100 peserta yang terdiri dari 35 dosen, 9 widyaiswara, 42 guru, 8 prajurit TNI, dan 6 anggota Polri mengikuti pelaksanaan ToT tersebut yang bertujuan untuk memperkuat wawasan kebangsaan di Sulawesi Utara serta menambah pengetahuan tenaga pengajar dan tenaga pendidik tentang nilai-nilai kebangsaan, sehingga terwujud satu pemahaman yang kuat bersumber dari empat konsensus dasar bangsa. 

Dalam pelaksanaan ToT tersebut, peserta dibekali materi tentang empat Konsensus Dasar, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Selain itu, dibekali juga materi tentang tantangan global, eskalasi dinamika geopolitik, dan kondisi tanah air yang menyambut tahun politik. Terkait kondisi tanah air yang tengah memasuki tahun politik, Andi Widjajanto juga menekankan pentingnya memperkuat perisai bangsa melalui konsensus dasar dan wawasan kebangsaan. 

“Pengalaman di pemilu-pemilu sebelumnya, kita tahu bahwa politik kebangsaan itu harus diperkuat. Tugas dari Lemhannas RI untuk memastikan tidak ada intervensi yang dilakukan negara lain, tidak ada anomali dan penyebaran hoaks,” kata Andi Widjajanto.

Melalui pelatihan ini diharapkan para dosen, guru, dan widyaiswara yang menjadi peserta dapat menjadi pelatih pemantapan nilai-nilai kebangsaan di wilayah Sulawesi Utara ke depannya. Tidak hanya semata-mata memberikan materi pembelajaran dengan baik, tetapi sekaligus menjadi fasilitator yang andal guna mentransformasikan nilai-nilai kebangsaan dalam pola pikir, pola sikap, dan pola tindak sehari-hari dalam rangka pembentukan kepribadian ke-Indonesia-an yang berwawasan kebangsaan pada setiap peserta didik.

“Saya berharap bapak/ibu dapat menampilkan sikap ceria, terbuka, komunikatif, serta berkomitmen untuk mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan agar selaras dengan kemajuan zaman baik dilingkungan keluarga masyarakat terutama di lingkungan pendidikan di mana tempat bapak/ibu bertugas,” pungkas Andi Widjajanto.

Turut hadir dalam pembukaan pelatihan tersebut yaitu Kepala Dinas Komunikasi Informatika, Persandian, dan Statistik Provinsi Sulawesi Utara Evans Steven Liow, S.Sos., M.M., Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Setyo Budiyanto, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Sulawesi Utara Ferry Sangian, dan jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sulawesi Utara. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749