Mengingat Kembali Cita-Cita Pendiri Bangsa, PSMTI Ikuti Pemantapan Nilai-nilai Kebangsaan di Lemhannas RI

Lemhannas RI menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan bagi Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Tahun 2023 pada Senin s.d. Minggu (5-11/6) di Lemhannas RI.

Pemantapan nilai-nilai kebangsaan yang berlangsung selama tujuh hari, mengangkat tema “Implementasi Nilai-nilai Kebangsaan yang Bersumber dari 4 (Empat) Konsensus Dasar Bangsa Guna Memelihara dan Meningkatkan Kualitas Kehidupan Bermasyarakat, Berbangsa, dan Bernegara”. Selama kegiatan, peserta akan diberikan materi tentang implementasi empat konsensus dasar, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika, serta materi terkait wawasan nusantara, ketahanan nasional, kewaspadaan nasional, dan kepemimpinan nasional.

“Disamping memiliki dampak positif, kemudahan untuk mengakses informasi sangat memungkinkan kita semua untuk dapat melihat, memperhatikan, dan bahkan terpengaruh oleh nilai-nilai kehidupan yang dianut oleh bangsa lain,” kata Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol. Drs. Rudy Sufahriadi saat membuka kegiatan tersebut  pada Senin (5/6), di Ruang Dwi Warna Purwa, Lemhannas RI.

Hal tersebut harus menjadi perhatian banyak pihak, termasuk PSMTI khususnya 106 anggota PSMTI yang menjadi peserta kegiatan. Dalam hal ini, PSMTI yang memiliki profil sebagai wadah komunikasi, interaksi, penyerap, dan penyalur aspirasi suku Tionghoa di Indonesia, meyakini bahwa pemahaman dan pengamalan Pancasila seutuhnya menjadi salah satu jalan menuju masyarakat majemuk bangsa Indonesia yang harmonis. “Kami meyakini PSMTI memiliki tujuan dan komitmen yang kuat untuk turut serta dalam upaya mencegah meluasnya nilai-nilai yang muncul sebagai dampak negatif perkembangan teknologi,” kata Rudy Sufahriadi. 

Komitmen tersebut dinilai perlu didukung oleh pemahaman nilai-nilai kebangsaan yang kuat mengingat anggota PSMTI memiliki berbagai perbedaan latar belakang, pengalaman, dan persepsi serta perbedaan kualitas pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan. Oleh karena itu, kehadiran para anggota PSMTI dapat memberikan kontribusi positif dalam menyelesaikan berbagai persoalan bangsa serta senantiasa mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau kelompok.

“Kehadiran bapak/ibu di Lemhannas RI merupakan upaya dan bentuk tanggung jawab moral dalam mengatasi berbagai persoalan bangsa, salah satu diantaranya adalah optimalisasi jejaring yang dimiliki oleh PSMTI untuk menjadi mitra pemerintah dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan pembangunan,” pungkas Rudy Sufahriadi.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum PSMTI Wilianto Tanta mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi kepada Lemhannas RI atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurutnya, saat ini PSMTI mengemban tugas untuk menyiapkan putra-putri terbaik guna turut aktif dalam pembangunan NKRI.

Oleh sebab itu, Wilianto Tanta berharap para peserta kegiatan dapat mengikuti dengan baik sehingga wawasan dan pengetahuan yang didapatkan bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. “Hari ini, kita keluarga besar PSMTI, berkumpul dalam kegiatan di Lemhannas RI dalam rangka mengingatkan kembali cita-cita pendiri Indonesia,” ujarnya. 

Selain itu, Wilianto Tanta berharap kegiatan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi PSMTI tersebut, dapat memperkokoh rasa nasionalisme anggotanya terhadap NKRI serta memperkuat persatuan dan kesatuan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara sesuai empat konsensus dasar, yakni Pancasila, Undang-Undang Dasar 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749