Upacara Peringatan Hari Jadi ke-58 Lemhannas RI

Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) melaksanakan Upacara Memperingati Hari Jadi ke-58 bertempat di Lapangan Tengah Lemhannas RI pada Selasa (23/5). Peringatan Hari Jadi ke-58 Lemhannas RI mengangkat tema “Transformasi Lemhannas RI 5.0: Memperkuat Kepemimpinan Strategis Indonesia 2045”.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa Lemhannas RI telah berevolusi dan terlibat dalam berbagai momentum bangsa sejak 58 tahun silam. Lemhannas kini sudah menuju ke tahapan Lemhannas RI 5.0 dan tugas seluruh personel untuk mengantar Lemhannas RI ke tahapan tersebut.

Menurut Gubernur Lemhannas RI, Lemhannas RI 5.0 akan menghadapi tantangan-tantangan baru, di antaranya disebabkan dinamika geopolitik yang menjadi semakin keras dan teknologi kecerdasan buatan yang semakin dominan. “Di titik itulah Lemhannas RI harus bisa membuktikan diri, mampu tetap relevan, mampu melakukan transformasi 5.0,” ujar Gubernur Lemhannas RI.

Dalam lompatan menuju Lemhannas RI 5.0, Gubernur Lemhannas RI meyakini bahwa kuncinya adalah sumber daya manusia, yakni personel yang mengawaki Lemhannas RI. “Teknologi memiliki peran penting, capital memiliki peran penting, tapi yang paling penting untuk melakukan transformasi itu adalah kita, adalah orangnya,” ucap Gubernur Lemhannas RI.

Oleh karena itu, Gubernur Lemhannas RI mengucapkan terima kasih kepada seluruh personel Lemhannas RI yang sudah bekerja keras untuk memastikan Lemhannas RI bisa menjalankan fungsi pendidikan kepemimpinan, pengkajian, dan kebangsaan. Diharapkan seluruh personel Lemhannas RI terus memiliki kesadaran untuk mengikuti perkembangan geopolitik dan terus mengikuti perkembangan teknologi guna mendukung transformasi Lemhannas RI.

Lebih lanjut, Gubernur Lemhannas RI menekankan bahwa berkaitan dengan menuju 100 tahun Indonesia merdeka, Lemhannas RI berkewajiban menyiapkan pemimpin strategis yang siap dengan lompatan yang akan terjadi terhadap Indonesia. “Kita harus menyiapkan pemimpin strategis dengan mental mind, batin, dan kepercayaan strategis untuk Indonesia menjadi negara utama di dunia. Tidak boleh lagi ada pesimisme tentang Indonesia,” kata Gubernur Lemhannas RI. Selain itu Lemhannas RI juga harus menyiapkan kajian strategis guna mendukung Indonesia melompat maju di tahun 2045.

Pada upacara tersebut juga dilakukan Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Pengabdian, Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Satya, dan Penyematan Tanda Kehormatan Satyalancana Kesetiaan kepada sejumlah personel Lemhannas RI

Turut hadir dalam upacara tersebut, yakni Gubernur Lemhannas RI Periode 2001-2005 Prof. Dr. Ermaya Suradinata, M.H., Wakil Gubernur Lemhannas RI Periode 2015-2019 Marsdya TNI (Purn) Bagus Puruhito, S.E., M.M., Wakil Gubernur Lemhannas RI Periode 2019-2022 Marsdya TNI (Purn) Wieko Syofyan, dan Prof. Ir. Purnomo Yusgiantoro, M.Sc., M.A., Ph.D.

Kemudian, Wakil Ketua Umum I Ikatan Alumni Lemhannas RI (IKAL) Dr. Ir. Mustafa Abubakar, M.S., Wakil Ketua Umum II IKAL Komjen Pol (Purn.) Drs. Togar Manatar Sianipar, M.Si., Bendahara IKAL Sumatra Utara Arman Candra, Komandan Jenderal Akademi TNI Letnan Jenderal TNI Teguh Arief Indratmoko, S.E., M.M., Inspektur Jenderal Angkatan Darat Letnan Jenderal TNI Richard T.H. Tampubolon, S.H., M.M., Wakil Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan Angkatan Udara Marsekal Muda TNI Widyargo Ikoputra, S.E., M.M., CIQaR., dan Asisten Potensi Kemaritiman Kepala Staf Angkatan Laut Mayor Jenderal TNI (Mar) Markos, S.E. juga turut hadir pada Upacara Hari Jadi Ke-58 Lemhannas RI. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749