Lemhannas RI Selenggarakan FGD Kajian Urgent dan Cepat “Memutus Jaringan Sayap Militer Kelompok Teror Papua”

Direktur Pengkajian Pertahanan Keamanan dan Geografi Deputi Bidang Pengkajian Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) kajian urgent dan cepat (Jurpat) tentang “Memutus Jaringan Sayap Militer Kelompok Teror Papua” bertempat di Ruang Kresna, Gedung Astagatra, pada Rabu (15/3).

FGD yang diselenggarakan tersebut merupakan kajian strategik lanjutan yang membahas tentang memutus jaringan sayap militer kelompok teror di Papua. “Dengan harapan terciptanya keamanan wilayah Papua kondusif, masyarakat merasa nyaman, sejuk, dan perekonomian di wilayah Papua akan maju dan bersinergi dengan wilayah-wilayah lain di Indonesia,” kata Deputi Pengkajian Strategik Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P. saat menyampaikan laporannya.

Kajian yang dilaksanakan ini merupakan salah satu seri kajian yang dilaksanakan pada tahun 2023 dengan tujuan agar dapat ditemukan solusi-solusi baru yang dapat memenangkan hati rakyat Papua demi keutuhan NKRI dari Sabang sampai Merauke.

Dalam sambutannya, Gubernur Lemhannas RI menyampaikan pada putaran kedua FGD ini Lemhannas RI akan fokus pada jejaring yang ada di Papua. Gubernur Lemhannas RI menegaskan jangan sampai berhasil memetakan jaringannya, tetapi tidak merancang suatu strategi, operasi, dan taktis secara sistematis bertahap untuk membongkar jejaringnya.

Gubernur Lemhannas RI juga berharap dengan hadirnya narasumber dari berbagai bidang dan pengalamannya dengan naluri strategis masing-masing, berhasil menawarkan sesuatu yang lebih operasional pada FGD putaran kedua tentang Papua ini.

FGD dilanjutkan dengan pengantar fasilitator oleh Taprof Bidang Politik Lemhannas RI, Prof. Dr. Ikrar Nusa Bhakti dan paparan oleh masing-masing narasumber. Adapun narasumber yang hadir dalam FGD tersebut, yakni Pengamat Militer Letjen TNI (Purn) Kiki Syahnakri, Wakil Kepala Badan Intelijen Strategis TNI Marsda TNI Jemi Trisonjaya, SM, M.Tr. M.I.Pol, Pengamat Intelijen Laksda TNI (Purn) Soleman B. Ponto, S.T., M.H., Direktur Keamanan Negara Kabaintelkam Polri Brigjen Pol. Drs. Ruslan Ependi, M.Si., Paban IV/Opsdagri Sops TNI Kolonel Inf. Kristomei Sianturi, S.Sos., M.Si. (Han), Dosen Tetap Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)/Peneliti Papua Dr. Stepi Anriani, S.IP., M.Si. (SP/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749