Olah Sismennas ke-52 PPRA 64 Lemhannas RI Resmi Ditutup

Upacara Penutupan Olah Sismennas ke-52 PPRA 64 Tahun 2022 Lemhannas RI dilaksanakan bertempat di Gedung Dwi Warna Purwa, Lemhannas RI pada Jumat (30/9). Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi dalam sambutannya menyampaikan bahwa para peserta telah memperoleh ilmu pengetahuan, wawasan, dan pengalaman tentang langkah-langkah koordinasi lintas sektoral di antara pemangku kepentingan terkait dengan peran pemerintah dalam pemanfaatan blue economy.

“Saya meyakini bahwa para peserta PPRA 64 telah mendapatkan gambaran dan pemahaman yang semakin jelas tentang dinamika maupun mekanisme perumusan kebijakan pembangunan nasional dan proses pengambilan keputusan terkait kebijakan publik pada tataran tingkat nasional,” kata Deputi Pendidikan.

Deputi Pendidikan menjelaskan bahwa dengan menggunakan asumsi keadaan dan substansi materi yang mencerminkan situasi yang tengah berkembang, maka ukuran keberhasilan Olah Sismennas ditinjau dari empat aspek. Pertama, kemampuan menganalisa dan mengantisipasi perkembangan situasi. Kedua,  penyesuaian terhadap cara berpikir dan cara bertindak yang cepat dan tepat. Ketiga, tingkat keterpaduan pada analisa, perumusan kebijakan, dan implementasi tiap-tiap kementerian yang diperankan dalam menghasilkan produk-produk strategis dan berkualitas serta implementatif. Keempat, koordinasi dan kerja sama yang terpadu antar kementerian/lembaga yang diperankan, merupakan gambaran logis dalam upaya menggerakkan partisipasi segenap komponen bangsa dalam rangka menyikapi dinamika sosial, budaya dan ekonomi umumnya, serta khususnya terkait pemanfaatan blue economy sebagai tantangan ketahanan nasional.

“Harapan saya, apa yang telah diperoleh selama kegiatan Olah Sismennas ini, dapat menjadi bekal bagi seluruh peserta PPRA 64 dalam penugasan masing-masing nantinya,” ungkap Deputi Pendidikan. Ia juga mengucapkan terima kasih dan menyampaikan apresiasi serta penghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh penyelenggara, unsur pendukung, peserta PPRA 64 dan seluruh pihak yang telah terlibat dan memberi kontribusi terbaik dalam penyelenggaraan kegiatan Olah Sismennas.

Pelaksanaan Olah Sismennas diharapkan dapat memberikan pengalaman dan pelatihan kepada peserta dalam kapasitas sebagai aparatur negara dalam penyelenggaraan pemerintahan, khususnya untuk merumuskan kebijakan secara   terpadu yang berskala nasional dan bersifat strategis guna menyikapi berbagai dinamika dari berbagai aspek kehidupan bangsa sebagai tantangan ketahanan nasional. 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749