Lemhannas RI Lakukan Evaluasi Dampak Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan

Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) melaksanakan Evaluasi Dampak Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan di Provinsi Jawa Barat bertempat di Bandung, pada Kamis (29/9). Kepala Sub Direktorat Evaluasi dan Pengembangan Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Kolonel Laut (P) Eddy Tarjono, M.Tr. Opsla. dalam laporannya menyampaikan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 40 alumni Pemantapan Nilai Kebangsaan Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 dan 40 pendamping alumni melalui metode wawancara dan pengisian kuesioner.

“Evaluasi dampak dilakukan untuk mengukur keberhasilan yang dirasakan oleh para alumni dalam kehidupan sehari-hari baik di lingkungan keluarga, lingkungan pekerjaan, dan lingkungan sosial masyarakat pasca mengikuti kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan di tahun sebelumnya,” kata Direktur Perencanaan dan Pengembangan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Direnbang Taplai Kbs) Deputi Bidang Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Brigjen Pol. Tjahyono Prawoto, S.H., M.M. saat menyampaikan sambutannya.

Kegiatan evaluasi dampak di Provinsi Jawa Barat semestinya dilaksanakan pada tahun 2021. Namun, karena situasi pandemi Covid-19 dan pemberlakuan PPKM maka evaluasi ditunda dan dilaksanakan pada tahun 2022. Jangka waktu dua tahun setelah pelaksanaan tentunya menjadi rentang waktu alumni untuk berkontribusi aktif sebagai agen perubahan yang mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan secara konsisten di lingkungannya masing-masing.

“Saudara kami pilih untuk menjadi representasi seluruh alumni Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan di Provinsi Jawa Barat Tahun 2020 agar kami dapat mengetahui lebih dalam mengenai kiprah saudara sebagai bentuk outcome kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan di Provinsi Jawa Barat,” pungkas Direnbang Taplai Kbs.

Diharapkan seluruh alumni dapat kooperatif dan mengikuti evaluasi dampak dengan sebaik-baiknya sehingga Lemhannas RI dapat meningkatkan kualitas pelayanan kegiatan untuk mencetak agen perubahan yang memiliki dampak terhadap meluasnya nilai-nilai kebangsaan yang tercermin pada pola pikir, pola sikap, dan pola perilaku.

Turut hadir pada kegiatan tersebut, yakni Kepala Bakesbangpol Provisi Jawa Barat Dr. Drs. Rd. Iip Hidayat, M.Pd., Ketua IKAL Komprov Jabar Mayjen TNI (Purn) Deni K. Irawan, dan Kepala Biro Perencanaan Lemhannas RI Brigjen TNI Wardhana, S.Sos., M.M., M.Han. (NA/CHP)

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749