100 orang peserta PPRA LVII Ikuti Pembekalan Kelembagaan

Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. Arif Wachyunadi memberikan paparan seputar pengenalan lembaga di hari pertama Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) LVII, Selasa (20/2) di ruang NKRI Gd. Pancagatra Lemhannas RI. Sebanyak 100 orang peserta yang terdiri dari 38 orang anggota TNI (AD, AL, dan AU), 20 orang anggota Polri. 20 orang dari Kementerian dan Lembaga Pemerintah Nonkementerian (LPNK), 1 orang dari Kejaksaan Agung, 2 orang anggota Legislatif, 11 orang anggota Organisasi Masyarakat, dan 2 orang dari Partai Politik. Tidak hanya dari dalam negeri, 7 orang peserta mancanegara juga masuk kedalam daftar nama peserta pendidikan, di antaranya berasal dari Sri Langka, Malaysia, Timor Leste, Zimbabwe, Nigeria, dan Singapura.


Arif dalam paparannya menyampaikan terkait sejarah berdirinya Lemhannas RI oleh Presiden pertama RI Soekarno pada tahun 1965, yang pada awalnya dikenal dengan Lembaga Pertahanan Nasional. Peserta juga diperkenalkan seputar visi, misi, kedudukan, tugas dan fungsi Lemhannas.


“Diperlukan keterampilan profesi, pengetahuan, kemudian kita juga harus mengetahui bagaimana konsesus dasar kepemimpinanan bangsa yang sekarang sedang kita ketahui bersama bahwa Pancasila, UUD 1945, NKRI, dan Bhinneka Tunggal Ika. Kemudian geografi, demografi, nanti ada astagrata dan seterusnya. Nanti ada Ketahanan Idiologi, Politik, Ekonomi, dan Sosbud, dalam rangka untuk menembus ancaman gangguan, hambatan, dan tantangan dalam tujuan nasionalnya, kesimpulannya kita harus menjaga sumber kekayaan alam kita demografi dan geografi,” jelas Arif.


Agenda pengenalan kelembagaan dilanjutkan dengan penjelasan mengenai struktur organisasi serta program kerja yang disampaikan langsung oleh masing-masing Kepala Biro yang menjabat. Acara ditutup dengan sesi diskusi dan tanya jawab.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749