Agus Widjojo Lantik Anggota Alumni Daniel K. Inouye APCSS

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo melantik 9 orang pengurus Indonesian Daniel K. Inouye Asia-Pacific Center for Security Studies (DKI APCSS) Alumni Association, Rabu (7/3/2018) di Ruang Syailendra Gd. Astagatra Lemhannas RI. Lembaga yang didirikan pada tahun 1995 di Hawaii ini merupakan salah satu lembaga yang berada dibawah Departemen Pertahanan Amerika Serikat. DKI APCSS bertujuan untuk mengajak perwakilan dari negara-negara Asia Pasifik untuk duduk bersama mendiskusi perdamaian dan mempertahankan stabilitas keamanan dan kemakmuran di wilayah Asia Pasifik.


DKI APCSS memiliki misi menghubungkan dan memberdayakan praktisi keamanan untuk membangun pemahaman dan stabilitas di kawasan Asia Pasifik. Sedangkan area yang menjadi fokus APCSS, yakni seputar manajemen krisis, perlawanan terhadap terorisme, keamanan maritim, pembangunan sektor keamanan, dan perdamaian.


Saat ini, DKI ACPSS telah memiliki kurang lebih 11.000 alumni dan 330 di antaranya berasal dari Indonesia. Dalam sambutannya Agus Widjojo mengungkapkan bahwa para alumni nantinya yang akan memperkuat pemikiran dalam konteks tantangan Indonesia dalam lingkup Asia Pasifik, sehingga dapat memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara. “Saya berharap dapat memberikan kontribusi positif dan konstruktif dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dalam konteks posisi indonesia di kawasan Asia Pasifik, demi mewujudkan ketahanan nasional yang tangguh,” ujar Agus Widjojo.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749