Peringati Hari Lahir Pancasila, Presiden Imbau agar Jadikan Pancasila Pondasi dalam Pengembangan IPTEK

Gubernur Lemhannas RI Menghadiri Upacara Virtual Peringatan Hari Lahir Pancasila, Selasa (01/06). Peringatan Hari Lahir Pancasila yang dipimpin oleh Presiden RI Joko Widodo tersebut mengangkat tema “Pancasila dalam Tindakan Bersatu untuk Indonesia Tangguh”.

“Walaupun Pancasila telah menyatu dalam kehidupan kita sepanjang Republik Indonesia ini berdiri, namun tantangan yang dihadapi Pancasila tidaklah semakin ringan. Globalisasi dan interaksi antar belahan dunia tidak serta merta meningkatkan kesamaan pandangan dan kebersamaan,” ungkap Presiden Joko Widodo saat menyampaikan amanat.

Meningkatnya rivalitas dan kompetisi, lanjut Presiden Joko Widodo, merupakan hal yang harus diwaspadai. Rivalitas yang dimaksud termasuk rivalitas antar pandangan, rivalitas antara nilai-nilai, dan rivalitas antar ideologi. Ideologi transnasional cenderung semakin meningkat, memasuki berbagai lini kehidupan masyarakat dengan berbagai cara dan berbagai strategi.

Presiden Joko Widodo juga menyatakan bahwa perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi juga mempengaruhi lanskap kontestasi ideologi. Revolusi industri 4.0 telah menyediakan berbagai kemudahan dalam berdialog dalam interaksi dan berorganisasi dalam skala besar lintas negara.

“Kecepatan ekspansi ideologi transnasional radikal bisa melampaui standar normal ketika memanfaatkan disrupsi teknologi ini,” ungkap Presiden. Oleh karena itu, Presiden Joko Widodo mengingatkan bahwa dalam menghadapi tantangan-tantangan yang ada, perluasan dan pendalaman nilai-nilai Pancasila tidak bisa dilakukan dengan cara-cara biasa. Diperlukan cara-cara baru yang luar biasa. Memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, terutama Revolusi Industri 4.0.

“Pancasila harus menjadi pondasi dalam mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkeIndonesiaan,” ungkap Presiden. Menutup amanatnya, Presiden mengajak seluruh aparat pemerintahan, tokoh agama, tokoh masyarakat, para pendidik, kaum profesional, generasi muda Indonesia, dan seluruh rakyat Indonesia untuk bersatu padu dan bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju yang dicita-citakan.

Upacara Hari Lahir Pancasila diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan mengheningkan cipta mengenang jasa para pahlawan. Ketua Majelis Perwakilan Rakyat Bambang Soesatyo, S.E., M.B.A., di tempat berbeda, bertugas membacakan Pancasila. Disusul Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Dr. (H.C.) Puan Maharani, S.Sos. membacakan teks Pembukaan UUD 1945.

Turut hadir secara virtual, yaitu para menteri Kabinet Indonesia Maju, pimpinan lembaga negara, pimpinan lembaga pemerintah nonkementerian, Duta Besar negara sahabat untuk Indonesia, perwakilan negara Republik Indonesia di luar negeri, dan sejumlah kepala daerah.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749