Peringatan HUT ke-56 Lemhannas RI, Mulai dari Bantuan Sosial Hingga Peresmian Monumen Bung Karno

Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-56, Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) mengadakan serangkaian acara yang sudah dimulai sejak bulan April 2021 hingga acara puncak pada 20 Mei 2021. Rangkaian acara terdiri dari penyerahan bantuan sosial, beberapa perlombaan, ziarah, syukuran, upacara, dan Peresmian Monumen Bung Karno.

Pada tanggal 19 Mei 2021, Lemhannas RI menyerahkan bantuan sosial berupa Covid Kit dan 450 paket sembako kepada anggota Lemhannas RI serta warga masyarakat Jalan Kebon Sirih. Bantuan Covid Kit terselenggara atas dukungan Perpustakaan Nasional RI, sedangkan paket sembako didukung oleh Koarmada I, Puspenerbal, Kodam Jaya, Kodam Siliwangi, dan Kodam VI Mulawarman.

Rangkaian kegiatan lain, yaitu berbagai perlombaan, dimulai sejak bulan April 2021. Adapun lomba yang digelar, yakni lomba pegawai teladan, lomba video pendek (vlog), lomba tertib administrasi dan reformasi birokrasi, lomba kebersihan, lomba paduan suara, dan lomba gelar output masing-masing unit kerja. Seleksi lomba pegawai teladan diawali permohonan rekapitulasi calon peserta kepada masing-masing unit kerja yang kemudian dilanjutkan dengan pengisian form self assessment, sosiometri daring, dan wawancara. Hingga pada akhirnya terpilih 6 personel pegawai teladan, yaitu Kategori Gol. III/Pama atas nama Eldo  Herbadella Tobing, S.IP. dari Kedeputian Pengkajian, Kategori Gol. II/Bintara atas nama Audrey Divananda, A.P.KB.N dari Kedeputian Pendidikan, Kategori Gol. I/Tamtama atas nama Praka Wahyu Riskyanto dari Biro Telematika, Kategori Satkam atas nama Agus Purnomo dari Kesettamaan, Kategori Pramubhakti atas nama Rizka Pratiwi dari Kedeputian Pendidikan, dan Kategori Cleaning Service atas nama Riyadi dari Biro Umum.

Lomba berikutnya, yaitu lomba video pendek (vlog). Penyelenggaraan lomba video pendek (vlog) dapat diikuti seluruh personel Lemhannas RI yang kemudian tiap-tiap peserta dapat mengunggah videonya ke youtube. Akhirnya terpilih 3 pemenang besardasarkan penilaian juri, yaitu Juara I atas nama Naomi Augustina dari Biro Hubungan Masyarakat, Juara II atas nama Dina Shultoni dari Biro Telematika, dan Juara III atas nama Kolonel Untung dari Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan (Detaplaikbs). Kemudian dalam Lomba Tertib Administrasi dan Reformasi Birokrasi penilaian lomba dilakukan oleh juri-juri terpilih dan menghasilkan Juara I, II, dan III yang diraih oleh Biro Umum, Biro Perencanaan, serta Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai.

Dalam penilaian Lomba Kebersihan, hasil penilaian juri menghasilkan Juara I, II, dan III dimenangkan oleh Direktorat Perencanaan dan Pengembangan Detaplaikbs, Direktorat Pelatihan Untuk Pelatih Detaplaikbs, dan Direktorat Sosial Media Detaplaikbs. Kemudian dilaksanakan juga Lomba Paduan Suara di mana tiap kelompok harus menyanyikan Lagu Hymne Wawasan Nusantara dan satu lagu daerah. Juara I Lomba Paduan Suara dimenangkan oleh Kelompok Biro Hubungan Masyarakat dan Biro Telematika, sedangkan Juara II dimenangkan oleh kelompok Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan dan Juara III dimenangkan oleh Kedeputian Pengkajian. Lomba terakhir merupakan lomba gelar output unit kerja. Setiap unit kerja diberikan fasilitas tenda untuk diisi dengan output kerja masing-masing. Lomba tersebut dimenangkan oleh Kedeputian Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan sebagai Juara I, Biro Perencanaan sebagai Juara II, dan Kedeputian Pengkajian sebagai Juara III.

Pemberian hadiah dan piagam tiap-tiap lomba dilaksanakan pada 19 Mei 2021. Sebelumnya, pada 5 Mei 2021, Lemhannas RI menyelenggarakan Ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata sebagai salah satu cara untuk mengenang jasa para pahlawan. Ziarah tersebut dipimpin langsung Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, namun hanya diikuti oleh beberapa perwakilan pejabat dan personel Lemhannas RI.

Pada 10 Mei 2021, Lemhannas RI menyelenggarakan Jam Pimpinan secara virtual. Jam Pimpinan tersebut dipimpin langsung oleh Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Pada kesempatan tersebut Agus menyampaikan capaian Lemhannas RI dalam tahun 2020 dan menyampaikan rencana kegiatan tahun 2021.

Puncak peringatan HUT KE-56 Lemhannas RI dilaksanakan pada 20 Mei 2021 dengan melaksanakan Upacara, Syukuran, dan Peresmian Monumen Bung Karno oleh Presiden ke-5 Republik Indonesia Dr. (H.C.) Megawati Soekarnoputri yang juga turut dihadiri Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Dr. (H.C.) Puan Maharani, S.Sos.

 

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749