42 CPNS Lemhannas RI Ikuti Pelatihan Dasar di BPKP

“Saya yakin, bahwa CPNS yang hadir di sini merupakan putra-putri terpilih setelah melewati serangkaian proses seleksi yang mengedepankan prinsip kompetitif, adil, objektif, transparan dan bersih dari praktik korupsi, kolusi dan nepotisme,” kata Kepala Biro Hubungan Masyarakat Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Brigjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P. dalam Pembukaan Pelatihan Dasar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Angkatan II Tahun 2021, Selasa (25/05).

Pelatihan dasar CPNS merupakan pendidikan dan pelatihan pada masa prajabatan yang dilakukan secara terintegrasi untuk membangun integritas moral, kejujuran, semangat dan motivasi nasionalisme dan kebangsaan, karakter kepribadian yang unggul dan bertanggung jawab, dan memperkuat profesionalisme serta kompetensi bidang.

Fadila yang mewakili Sekretaris Utama Lemhannas RI menyampaikan bahwa pelatihan dasar CPNS bertujuan untuk mengembangkan kompetensi CPNS yang diukur berdasarkan kemampuan menunjukkan sikap perilaku bela negara, mengaktualisasikan nilai-nilai dasar PNS dalam pelaksanaan tugas jabatannya, mengaktualisasikan kedudukan dan peran PNS dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan menunjukkan penguasaan kompetensi teknis yang dibutuhkan sesuai dengan bidang tugasnya.

Walaupun dilakukan dalam bentuk blended learning yang memadukan beberapa metode, yakni pembelajaran mandiri dan distance learning yang terdiri dari e-learning dan aktualisasi, Fadila yakin hal tersebut tidak akan mengurangi kualitas pembelajaran dan hasil pelatihan, selama para peserta mampu mengikuti dengan baik dan sungguh-sungguh. “Saya berharap bahwa para peserta pelatihan dasar ini, khususnya para CPNS Lemhannas RI dapat mengambil dan memetik pembelajaran yang diikutinya agar memiliki integritas moral, kejujuran, semangat nasionalisme dan kebangsaan, karakter yang unggul dan bertanggung jawab, profesionalisme serta kompetensi bidang yang kuat,” kata Fadila.

Pada kesempatan tersebut, Agus juga mengucapkan terima kasih kepada BPKP dan Pusat Pendidikan Dan Pelatihan Pengawasan (Pusdiklatwas) BPKP yang telah mengikutsertakan CPNS Lemhannas RI dalam pelaksanaan pelatihan dasar Calon Pegawai Negeri Sipil Angkatan II Tahun 2021. “Saya mengucapkan terima kasih banyak kepada BPKP dan Pusdiklatwas yang telah menerima para CPNS Lemhannas RI untuk ikut serta dalam pelatihan dasar CPNS Angkatan II Tahun 2021,” ujar Fadila.

Pelatihan dasar tersebut akan dilaksanakan mulai 20 April hingga 15 September 2021. Dilakukan secara blended learning, pelatihan dasar akan terbagi menjadi empat waktu pelaksanaan, yakni Pelatihan Mandiri pada 20 April 2021 sampai dengan 11 Mei, Pembelajaran Jarak Jauh pada 25 Mei sampai dengan 16 Juli, Aktualisasi di tempat kerja pada 19 Juli sampai dengan 7 September, dan Pembelajaran Jarak Jauh pada 8 September sampai dengan 15 September. Sebanyak 42 CPNS Lemhannas RI, yang terdiri dari 30 CPNS Golongan III dan 12 CPNS Golongan II, menjadi peserta dalam pelatihan dasar tersebut.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749