Peserta PPRA 62 Laporkan Hasil SSDN Empat Provinsi

Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 melaporkan kegiatan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) pada Kamis, 15 April 2021 sampai dengan Jumat (16/4). Pada hari pertama, kelompok yang melaporkan hasil SSDN PPRA 62 adalah kelompok Provinsi Banten dan kelompok Provinsi Jawa Barat. Kemudian pada hari kedua, kelompok yang melaporkan hasil SSDN adalah kelompok Provinsi Lampung dan kelompok Provinsi Bangka Belitung.

Sebelum dimulainya pelaporan SSDN PPRA 62 oleh masing-masing kelompok, Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P. dalam laporannya kepada Gubernur Lemhannas RI menyampaikan bahwa secara umum pelaksana SSDN PPRA 62 berjalan dengan baik dan lancar serta sesuai dengan tujuan dan sasaran yang diharapkan. “Peserta PPRA 62 telah melaksanakan kegiatan dengan serius dan penuh rasa tanggung jawab,” kata Sugeng.

Kelompok pertama yang memaparkan laporan SSDN PPRA 62 adalah kelompok Provinsi Banten yang dipimpin oleh Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Sistem Manajemen Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Arief Mustofa, M.M dan Tenaga Ahli Pengajar Bidang Ideologi Lemhannas RI Mayjen TNI Achmad Yuliarto, S.Sos., M.A.P. Kemudian kelompok Provinsi Banten memaparkan esai terbaik yang ditulis oleh Dr. Sulistyo, S.Si., S.T., M.Si berjudul Strategi Provinsi Banten dalam Meningkatkan Peran UMKM guna Pemulihan Ekonomi Rakyat di Masa Pandemi Covid-19.

Selanjutnya kelompok kedua yang memaparkan laporan SSDN PPRA 62 adalah kelompok Provinsi Jawa Barat yang dipimpin oleh Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Demografi Lemhannas RI Mayjen TNI (Mar) Kasirun Situmorang, S.H dan Direktur Operasional Pendidikan Lemhannas RI Marsma TNI Maman Suherman, M.A.P., M.Han. Kemudian kelompok Provinsi Jawa Barat juga memaparkan esai terbaik yang ditulis oleh oleh Kolonel Pnb Fairlyanto, S.T., M.A.P berjudul Optimalisasi Program Bantuan Sosial Gubernur Jawa Barat Guna Penanganan Covid-19.

Kemudian pada hari kedua, kelompok ketiga yang memaparkan laporan SSDN PPRA 62 adalah kelompok Provinsi Lampung yang dipimpin oleh Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Sistem Manajemen Nasional Lemhannas RI Laksda TNI Erman Syafril, S.H., M.M., Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Lemhannas RI Dr. Yulianus Pongtuluran, S.E., M.Ed. Kemudian kelompok Provinsi Lampung memaparkan esai terbaik yang ditulis oleh Kombes Pol. Bastoni Purnama, S.I.K. yang berjudul Implementasi Program 3P (Proaktif, Partnership, Problem Solving) dalam Penanganan Covid-19 oleh Polda Lampung.

Kelompok terakhir yang memaparkan laporan SSDN PPRA 62 adalah kelompok Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin oleh Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Hukum dan HAM Lemhannas RI Irjen Pol. Drs. Sam Budigusdian dan Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Ideologi Lemhannas RI Marsda TNI Agus Radar Sucahyo. Kemudian kelompok Provinsi Kepulauan Bangka Belitung juga memaparkan esai terbaik yang ditulis oleh Kombes Pol. M. Arif Sugiarto, S.I.K.,M.P.P., M.H. berjudul Politik Pengelolaan Sumber Daya Alam Timah dalam Era Desentralisasi dan Pandemi Covid-19 di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Saya ingin menyampaikan apresiasi kepada seluruh rombongan, yang telah bekerja keras dengan semangat tinggi telah dapat melaksanakan tugas SSDN dan melaporkan hasilnya dengan baik,” kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo. Lebih lanjut, Agus menyampaikan bahwa tujuan SSDN adalah untuk membekali para peserta dalam mempelajari dan melengkapi data-data penugasan Lemhannas RI tentang tata kelola pemerintahan di daerah dalam kaitannya dengan ketahanan nasional, terutama di tengah situasi pandemi Covid-19 yang berdampak pada tatanan kehidupan nasional.

“Melalui SSDN yang dilaksanakan, para peserta sebagai kader pimpinan tingkat nasional diharapkan memiliki kepekaan dan cakrawala pandang yang lebih luas terhadap lingkungan sekitar, terutama tentang daerah yang dikunjungi dan kawasan yang memiliki dampak strategis bagi pembangunan nasional,” ujar Agus.

Menurut Agus, kepekaan para peserta menjadi penting untuk diperhatikan, karena setiap perkembangan yang terjadi akan mempengaruhi kebijakan negara, baik dalam upaya menggapai kepentingan nasional maupun dalam upaya memaksimalkan koordinasi di daerah terutama dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Pada kesempatan tersebut, Agus juga menyampaikan terima kasih kepada pihak yang mendukung terselenggaranya SSDN PPRA 62, baik instansi pemerintah, organisasi non pemerintah, dan seluruh personel Kedeputian Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI. Kepada peserta, Agus mengucapkan selamat telah menyelesaikan tugas dengan baik dan selamat melanjutkan pendidikan. “Manfaatkan waktu dengan baik, tetap semangat sampai akhir pendidikan untuk berkarya dan berjuang demi kemajuan bangsa,” tutur Agus.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749