Agus Widjojo: Pemimpin Tidak Bisa Berfungsi Sendirian

Gubernur Lembaga Ketahanan Nasional Republik Indonesia (Lemhannas RI) Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menjadi narasumber pada Sekolah Etik Indonesia yang diselenggarakan oleh Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Minggu (25/4).

“Kepemimpinan adalah untuk melaksanakan tugas bersama-sama mencapai satu tujuan dengan ada satu diantaranya yang mengoordinasikan, yang mengarahkan, itulah yang disebut sebagai pemimpin,” kata Agus. Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa seorang pemimpin dalam menyelenggarakan kepemimpinannya harus membuat kebijakan dalam rangka mewujudkan visi, melaksanakan misi, dan menjalankan tugas pokok. Oleh karena itu, pemimpin harus memiliki pengikut dan pasti memiliki pengikut. “Pemimpin tidak bisa berfungsi sendirian,” ujar Agus.

Lebih lanjut Agus menyampaikan bahwa ada tiga elemen dalam proses kepemimpinan, yakni pengikut, pemimpin, dan situasi. Elemen pengikut terbagi menjadi 3, yaitu pengikut yang terdidik tentang pengetahuan, pengikut yang terlatih, dan pengikut yang bersifat tenaga kerja yang hanya dipersiapkan untuk suatu pekerjaan. “Ketiga golongan pengikut ini memerlukan komunikasi yang berbeda,” tutur Agus. Kemudian elemen pemimpin artinya pemimpin harus memahami diri sendiri, paham tentang karakter diri sendiri, wajib mempunyai moral dan etika, dan dapat menentukan gaya kepemimpinannya.

“Pemimpin juga harus memahami situasi lingkungannya,” tutur Agus. Menurut Agus, seorang pemimpin harus mengerti organisasi yang dipimpin, sifat misi yang diemban, dan memahami latar belakang situasi agar bisa menempatkan diri secara tepat. “Semuanya ditujukan untuk mendukung keputusan dan kebijakan dalam rangka pelaksanaan visi dan misi,” kata Agus.

Pada akhir paparannya, Agus mengingatkan bahwa pemimpin harus bisa melakukan motivasi untuk meningkatkan kompetensi, pelatihan, dan konsultasi kepada bawahannya. “Semua itu harus berawal, bermula dari pemimpin dan berakhir pada pemimpin. Dalam artian pemimpin akan selalu menjadi orang yang paling bertanggung jawab atas organisasi, atas pelaksanaan tugas,” kata Agus.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749