Musrenbang Lemhannas RI Targetkan Peningkatan Kinerja Lembaga

Lemhannas RI menyelenggarakan kegiatan Musyawarah  Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) 2017 Tahun Anggaran 2016 selama 3 hari, tanggal 17-19 Februari 2016, di Cisarua, Bogor. Kegiatan ini memfasilitasi seluruh unit kerja Lemhannas RI untuk melakukan koordinasi dan diskusi mengenai perencanaan kerja pada tahun 2017. Perencanaan kerja yang baik nantinya akan mempengaruhi kinerja dan keluaran (output) yang dihasilkan oleh lembaga.

 

Dalam sambutan pembukaannya, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, M.H. menyatakan perencanaan dan penganggaran harus dilakukan dengan benar karena sumber daya anggaran yang terbatas. Kini, Presiden menginginkan nomenklatur program kerja yang jelas dan riil dalam perencanaan dan penganggaran sehingga tidak hanya asal salin dari perencanaan dan penganggaran tahun sebelumnya.

 

“Identifikasi betul kebutuhan yang menjadi prioritas, dan lakukan perencanaan bottom up”, tegas Suhardi. Suhardi juga mengharapkan kegiatan Musrenbang ini dapat meningkatkan pengelolaan anggaran Lemhannas RI menjadi lebih baik sehingga daya saing Lemhannas tidak diragukan lagi.

 

Sementara itu, Kepala Biro Perencanaan dan Keuangan Lemhannas RI, Marsma TNI Yoyok Yekti Setyono selaku pimpinan rapat Musrenbang mengungkapkan kegiatan ini merupakan tindak lanjut evaluasi pengelolaan anggaran Lemhannas RI selama ini. Diharapkan mekanisme penyusunan anggaran tidak lagi budget oriented, melainkan berbasis kinerja. Jika yang menjadi ukuran adalah kinerja, maka output kinerja lembaga dapat diukur.

 

Pihak Inspektorat Lemhannas RI juga berpesan agar semua unit kerja di Lemhannas RI mampu melakukan sinkronisasi dan sinergi dalam program kerja sehingga tidak saling bertabrakan. Menurut Inspektur Lemhannas RI Brigjen Pol Drs. Didid Widjanardi, S.H. upaya ini harus dilakukan untuk mencapai visi-misi Lemhannas RI menjadi lembaga yang berdaya saing, berkualitas, dan kredibel.

 

Selain dihadiri oleh perwakilan unit kerja yang ada di Lemhannas RI, kegiatan ini juga mengundang perwakilan dari Bappenas dan Kementerian Keuangan sebagai narasumber.



Hak cipta © 2021 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749