Cegah Plagiarisme, Lemhannas RI Selenggarakan Pelatihan Turnitin

Lemhannas RI menyelenggarakan Pelatihan Turnitin bagi para tutor Kertas Karya Perorangan (Taskap) peserta didik Lemhannas RI bertempat di Ruang Pancasila, Gedung Trigatra, Lemhannas RI, pada Jumat (21/6). Pelatihan tersebut bertujuan untuk mencegah praktik plagiarisme di kalangan peserta pendidikan Lemhannas RI. “Plagiarisme merupakan tindakan mengambil karya orang lain dan mengakuinya sebagai karya sendiri. Hal ini tidak hanya melanggar etika akademik, tetapi juga merugikan proses pembelajaran,” kata Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi.

Seperti diketahui bersama, dewasa ini teknologi memungkinkan akses yang luas terhadap informasi dan sumber pendidikan. Namun, kemudahan tersebut jika disalahgunakan dapat merugikan proses pembelajaran dengan terjadinya plagiarisme. Menyoroti tantangan tersebut, Lemhannas RI mengambil langkah untuk membekali para tutor taskap kemampuan menggunakan Turnitin.

Turnitin merupakan perangkat lunak berbasis web yang akan membantu mendeteksi plagiarisme dan meningkatkan orisinalitas karya tulis peserta pendidikan. Dari hasil tersebut, tutor taskap dapat memberikan saran yang membangun kepada peserta tentang bagaimana memperbaiki struktur, gaya penulisan, dan logika argumen. Kemudian para tutor taskap dapat membimbing peserta pendidikan dalam memahami dan menerapkan etika penulisan akademik, termasuk cara mengutip sumber dengan benar.

Saat ini Lemhannas RI telah memiliki perangkat lunak turnitin sendiri dengan alamat web https://lemhannas.turnitin.com. Oleh karena itu, para tutor taskap yang sudah didaftarkan dapat melakukan pengecekan melalui Turnitin secara mandiri. “Diharapkan para tutor taskap dapat memahami prosesnya dan dapat memanfaatkan dengan baik,” pungkas Deputi Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI.

Selanjutnya para tutor taskap mendapatkan penjelasan dari Analis Kebijakan Ahli Muda Ditjian Hankam dan Geografi Lemhannas RI Nety Nurda, S.Kom., M.T., Ph.D. selaku administrator Turnitin Lemhannas RI dan Tim Turnitin Muhammad David Lung. Para tutor taskap akan didaftarkan sebagai user pada web Turnitin Lemhannas RI. Sebagai user, para tutor dapat melakukan submission untuk mengecek keseluruhan penulisan taskap. (NA/CHP)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749