Lemhannas RI Selenggarakan Upacara Dalam Rangka HUT Ke-59

Lemhannas RI menyelenggarakan kegiatan Upacara dalam memperingati Hari Ulang Tahun ke-59 Lemhannas RI dengan Plt. Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Eko Margiyono bertindak sebagai Inspektur Upacara pada Senin (20/5), di Lapangan Tengah Lemhannas RI. 

Upacara HUT yang mengangkat tema “Reaktualisasi Ketahanan Nasional” ini tentunya menjadi momentum dalam mengenang nilai-nilai historis perjalanan Lemhannas RI yang telah lebih dari setengah abad menjadi garda terdepan dalam menjaga dan mengawal perjalanan bangsa melalui “Ketahanan Nasional” guna terwujudnya cita-cita dan tujuan nasional sebagaimana yang telah diungkapkan para pendahulu bangsa.

Dalam amanatnya, Eko Margiyono berharap Lemhannas RI dapat mengingat kembali jati dirinya dan memperkuat kembali arti pentingnya ketahanan nasional dalam mendukung program tujuan nasional dan program pembangunan nasional sebagaimana dicanangkan oleh pemerintah baik melalui RPJMN 2025-2029 maupun RPJP 2045. Ketahanan nasional diharapkan menjadi salah satu sektor pelayanan pemerintah yang melengkapi dan memperkuat serta menjadi suplemen dalam setiap aspek kehidupan berbangsa dan tata pemerintahan yang menampilkan keuletan, ketangguhan, serta daya adaptasi bangsa dalam menghadapi perkembangan dunia/global saat ini.

Lebih lanjut, Eko Margiyono mengatakan bahwa kebijakan strategis nasional menempatkan Lemhannas RI sebagai lembaga negara yang memiliki peran yang sangat strategis dalam mengantisipasi berbagai tantangan, ancaman, dan peluang yang dapat menimpa bangsa dan negara secara geopolitik dan geostrategis. Menurut Eko Margiyono, Lemhannas RI berkomitmen untuk meningkatkan ketahanan nasional Indonesia, terutama dalam menghadapi tantangan strategis yang berkembang seperti tantangan ekonomi global, demokrasi, transformasi digital, ekonomi biru, geopolitik global, dan IKN Nusantara sebagai upaya mencapai tujuan nasional bangsa Indonesia.

“Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh peserta upacara sekalian untuk menjaga amanah dan marwah Lemhannas RI. Mari kita wujudkan Lemhannas RI yang presisi, memiliki kredibilitas, integritas dan komitmen yang tinggi dalam mendidik kader-kader pemimpin nasional yang memiliki kemampuan dan pengetahuan ketahanan nasional secara komprehensif, integral, holistik dan berkeadilan,” kata Eko Margiyono.

Ditegaskan juga oleh Eko Margiyono bahwa Lemhannas RI harus mampu memberikan hasil kajian strategik kepada pemerintah/Presiden RI sebagai bahan perumusan kebijakan strategi nasional dalam mendukung program pembangunan nasional dan terwujudnya “Indonesia Emas 2045”.

Upacara dalam rangka peringatan HUT ke-59 Lemhannas RI  tersebut diikuti seluruh personel Lemhannas RI, baik TNI, Polri, ASN serta peserta PPRA 66 dan 67. (SP/BIA)


<script src="https://code.responsivevoice.org/responsivevoice.js?key=oK4OtHmB"></script>


Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749