Penutupan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi PII

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh peserta, karena telah menunjukkan semangat dan kesungguhan untuk mengikuti kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan ini,” kata Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Mayjen TNI Agus Arif Fadila, S.I.P. saat Upacara Penutupan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan bagi Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Tahun 2023 pada Minggu (10/9), di Auditorium Gadjah Mada, Lemhannas RI.

Lebih lanjut Agus Arif Fadila berharap kegiatan tersebut dapat menambah wawasan, menyegarkan ingatan, dan meningkatkan pengetahuan anggota PII agar lebih memahami dan menyadari betapa pentingnya nilai-nilai kebangsaan bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. “Membina persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia harus dilakukan bersama oleh seluruh komponen bangsa, termasuk anggota dari PII,” ungkapnya.

Mencermati kesungguhan dan keseriusan yang ditunjukkan anggota PII selama mengikuti kegiatan, Agus Arif Fadila meyakini dan optimis kegiatan tersebut dapat bermanfaat bagi anggota PII dalam menjalankan tugas dan pengabdian untuk bangsa dan negara. “Saya berharap para peserta mampu mengimplementasikan nilai-nilai kebangsaan tersebut secara maksimal, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, termasuk dalam melaksanakan tugas dan peran Bapak dan Ibu,” katanya.

Ketua Umum PII Pusat Dr. Ir. Danis Hidayat Sumadilaga, M.Eng. Sc., IPU. yang turut hadir dalam kegiatan tersebut, menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada Lemhannas RI atas kesempatan yang diberikan kepada anggota PII. Lebih lanjut dijelaskan bahwa kegiatan ini penting karena dapat meningkatkan profesionalisme para insinyur. “Profesionalisme kompetensi insinyur dapat berkontribusi kepada bangsa dan negara dalam berbagai bentuk, bisa berupa pemikiran, karya, dan ide, agar bangsa dan negara maju sejahtera dan menjadi bangsa yang mandiri,” ujarnya.

Terkait hal tersebut, Danis Hidayat Sumadilaga menekankan bahwa profesionalisme saat kini tidak bisa hanya terpaku pada hal-hal teknis keinsinyuran, tetapi para insinyur juga harus memahami apa yang terjadi dalam tingkat nasional dan global karena saat ini hal tersebut turut berimplikasi pada tugas insinyur. “Tolong apa yang didapat ini disebarluaskan kepada teman-teman lainnya dan implementasikan,” imbaunya. (NA/BIA)



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749