Pengukuhan Ikatan Keluarga Alumni Kebangsaan

“Semoga dengan adanya kehadiran Ikabnas ini mudah-mudahan peran IKAL ke depan akan lebih nyata lagi dalam mengabdikan dirinya untuk kepentingan bangsa, menjadi katalisator bangsa,” kata Ketua Umum IKAL Jenderal TNI (Purn) Agum Gumelar, M.Sc. dalam Upacara Pengukuhan Ikatan Keluarga Alumni Kebangsaan Lemhannas RI pada Minggu (10/9) di Auditorium Gadjah Mada, Lemhannas RI.

Pengukuhan tersebut berdasarkan Surat Keputusan Nomor SKEP 14/VIII/2023/IKAL tentang Organisasi dan Susunan Pengurus Ikatan Keluarga Alumni Kebangasaan Lemhannas (Ikabnas). Dr. Faizal Hafied. S.H., M.H. secara resmi dikukuhkan menjadi Ketua Ikabnas oleh Agum Gumelar. Selain itu, dalam kegiatan tersebut turut dilaksanakan Penandatanganan Pakta Integritas.

Dalam kesempatan tersebut, Agum Gumelar mengatakan bahwa pengukuhan tersebut merupakan sebuah kepercayaan dan kehormatan. Terkait hal tersebut, dirinya berpesan agar seluruh pengurus Ikabnas menjaga kepercayaan dan kehormatan tersebut. “Jangan mengecewakan kepercayaan dan kehormatan ini,” katanya.

Kemudian Agum Gumelar mengatakan bahwa alumni pemantapan nilai-nilai kebangsaan sangat militan. Oleh karena itu, seluruhnya harus dikoordinir dibawah naungan IKAL. Kemudian ia menyampaikan harapannya terkait jati diri anggota IKAL dan Ikabnas, yakni berwatak pejuang dan berwawasan negarawan. 

“Setiap ada perkembangan situasi di negeri ini yang kita nilai strategis, maka ada kewajiban IKAL untuk melakukan kajian dan analisa situasi tersebut dan diserahkan kepada para penyelenggara negara,” ujar Agum Gumelar. Menurutnya, para anggota IKAL dan Ikabnas harus selalu berusaha untuk berperan dan memberikan masukan kepada pemerintah.

Selanjutnya berwawasan negarawan berarti semua yang dipikirkan dan dilakukan harus diorientasikan untuk kepentingan bangsa dan negara. “Ketika berbicara maka orientasi berpikirnya untuk bangsa dan negara, bukan pribadi atau golongan,” tutur Agum Gumelar. Diharapkan Ikabnas harus menjadi organisasi yang mengabdikan diri dan agar dapat menyesuaikan diri dengan IKAL Pusat.

“Mudah-mudahan ini akan menjadi energi baru tambahan personel untuk menguatkan IKAL dalam kerja-kerja nyata untuk kegiatan kebangsaan yang akan dilaksanakan oleh Lemhannas RI maupul IKAL,” kata Faizal Hafied usai dikukuhkan sebagai Ketua Ikabnas.

Lebih lanjut, Faizal Hafied menyampaikan akan bergerak cepat untuk melakukan konsolidasi penuh dengan 20.000 anggotanya yang tersebar di seluruh Indonesia. “Kami akan menyiapkan komisariat-komisariat di seluruh provinsi dan juga kabupaten/kota yang juga akan bersinergi dengan IKAL Pusat untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan dan kerja-kerja kebangsaan,” ujarnya.

Faizal Hafied menekankan bahwa Ikabnas akan tunduk dan taat serta mengikuti seluruh arahan yang diberikan. Diharapkan ini menjadi langkah bagi Ikabnas untuk mewadahi seluruh komponen bangsa yang telah mengikuti pemantapan nilai-nilai kebangsaan di Lemhannas RI. “Kami dari pengurus Ikabnas memohon doa restu,” pungkas Koordinator Ikabnas.(NA/BIA)


<script src="https://code.responsivevoice.org/responsivevoice.js?key=oK4OtHmB"></script>


Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749