Lemhannas RI Mendapat Kunjungan NDC Nigeria

Peserta kursus 26 National Defence College Nigeria melakukan kunjungan ke Lemhannas RI, Kamis (24/5), sebagai bagian dari "Geostrategic World Study Tour to Indonesia". Sebanyak 25 peserta rombongan ingin belajar tentang kebijakan pertahanan dan kontra terorisme di Indonesia. Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Laksda TNI Dedy Yulianto mewakili Gubernur Lemhannas RI menerima delegasi NDC Nigeria tersebut di Ruang Tamu Gubernur, Gd. Trigatra. Setelah melakukan ramah tamah, rombongan delegasi NDC Nigeria melakukan diskusi interaktif di Ruang Airlangga, Gd. Astagatra Lt.III.


Kepala rombongan delegasi yang juga provost Centre for Strategic Research and Studies NDC, Ambassador Dr. Chijioke Wilcox Wigwe menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesempatan diskusi interaktif yang diberikan Lemhannas RI. "Dengan berbagi pengetahuan di sini (Lemhannas,red), saya harap ini menjadi bekal penting bagi kami dalam menangani isu insurgensi dan terorisme di Nigeria", ujar Chijioke.


Keamanan nasional Nigeria kini masih memiliki ancaman dari aksi terorisme yang dilakukan kelompok Boko Haram. "Kami saat ini sudah berupaya menangani kelompok tersebut, tetapi mereka belum bisa dikalahkan", jelas Chijioke.

 

Melalui sejumlah studi, mereka memutuskan untuk melakukan kunjungan ke Indonesia untuk mengambil pelajaran kebijakan kontra terorisme di Indonesia. Selain mengunjungi Lemhannas RI, mereka juga berkunjung ke instansi lain seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Pertahanan, dan BPNT.


Untuk mengeksplorasi kebijakan pertahanan dan kontra terorisme Indonesia, dilakukan diskusi interaktif yang dimoderatori oleh Tenaga Professional Lemhannas RI Dubes Sebastian Sumarsono. Dalam diskusi, hadir pula sejumlah tenaga professional Lemhannas RI, serta perwakilan peserta PPRA LVII dan PPRA LVIII.

 

Mengawali kegiatan diskusi, Mayjen TNI (Purn) Abdul Chasib mempresentasikan secara singkat kebijakan pertahanan dan militer Indonesia, serta upaya kontra terorisme yang dilakukan pemerintah. Sejumlah isu menjadi sorotan dalam diskusi kontra terorisme di Indonesia. Peserta Nigeria menyoroti tentang penanganan terhadap warga negara yang pulang dari negara konflik, strategi non militer kebijakan pertahanan dalam upaya penanganan terorisme, hingga peran Lemhannas dalam kontra terorisme.

 
 
4
 
 
 
 
3
 
 
 

 6



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749