Alumni Taplai Ikatan Alumni ITB Berkomitmen Jadi Agen Pembangunan Berwawasan Nilai-Nilai Kebangsaan

“Saya memberikan apresiasi dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh peserta, karena dengan penuh semangat selama 6 (enam) hari kerja dapat mengikuti kegiatan pemantapan nilai-nilai kebangsaan secara virtual yang difasilitasi oleh Lemhannas RI,” kata Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Laksamana Muda TNI Prasetya Nugraha, S.T., M.Sc. pada Upacara Penutupan Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan secara Virtual bagi Ikatan Alumni ITB Lemhannas RI Tahun 2021, Senin (22/02).

Pada kesempatan tersebut, Prasetya menyampaikan harapannya bahwa dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut dapat menambah wawasan dan meningkatkan pengetahuan para peserta untuk lebih memahami dan menyadari betapa pentingnya nilai-nilai kebangsaan bagi kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Prasetya juga menyampaikan bahwa walaupun kegiatan tersebut diselenggarakan dalam waktu yang relatif singkat, tetapi berbagai kegiatan yang telah dilaksanakan bertujuan untuk membangun kesadaran kolektif akan nilai-nilai kebangsaan dan mempererat rasa kebersamaan di antara para peserta. Kesadaran kolektif akan nilai-nilai kebangsaan dan rasa kebersamaan tersebut sangat dibutuhkan, mengingat bahwa para peserta memiliki peran dan tugas yang sangat penting sebagai agen perubahan dalam membangun masa depan bangsa.

“Dalam membina persatuan dan kesatuan bangsa guna menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia, harus ditanggulangi bersama oleh segenap komponen bangsa, termasuk Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung,” ujar Prasetya. Peran Ikatan Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) dalam membangun bangsa dan negara sangatlah penting, karena dalam menjaga keutuhan NKRI diperlukan orang-orang yang berkualitas, profesional, kreatif, berkarakter, berwawasan kebangsaan, serta cinta tanah air. Diharapkan dengan memiliki wawasan kebangsaan, Ikatan Alumni ITB mampu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi  maupun kelompok.

Diharapkan kegiatan tersebut dapat membuka cakrawala pandang dan memberi manfaat bagi Ikatan Alumni ITB dalam menjalankan tugas untuk meningkatkan kemajuan bangsa dan negara ini dan para peserta memiliki pola pikir, pola sikap, dan pola tindak yang komprehensif serta integral untuk kepentingan nasional dengan berdasarkan pada empat Konsensus Dasar Bangsa. “Saya berharap kepada para peserta mampu mengaplikasikan nilai-nilai kebangsaan tersebut secara maksimal, baik dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara, termasuk dalam melaksanakan tugas dan fungsi saudara,” kata Prasetya.

“Kita yakin bangsa Indonesia adalah bangsa yang besar,” kata Wakil Ketua Umum Ikatan Alumni ITB Ir. Dwi Larso, MSIE., Ph.D. dalam sambutannya. Sebagai bangsa yang besar, Dwi berpandangan bahwa bangsa Indonesia terus maju, tumbuh, dan berkembang. Dwi menyampaikan bahwa beberapa lembaga kredibel memprediksi bahwa di tahun 2030 Indonesia akan menjadi bangsa terbesar nomor 7 di dunia dan pada tahun 2045 diprediksi akan menjadi bangsa dengan kekuatan nomor 4 di dunia. Kemajuan, pertumbuhan, dan perkembangan tersebut juga terlihat dari sejarah di masa lalu. Bangsa Indonesia beranjak dari negara dengan penghasilan rendah dan berhasil menjadi negara dengan pendapatan sedang. “Bangsa ini terus maju dengan ups and downs perjuangannya,” kata Dwi.

Dwi juga mengingatkan bahwa Ikatan Alumni ITB adalah 1 dari 11 orang di Indonesia yang memiliki kesempatan untuk mendapatkan gelar sarjana. Keistimewaan yang dimiliki tersebut harus diiringi dengan kesadaran atas tanggung jawab. Oleh karena itu, Ikatan Alumni ITB ditantang untuk menjadi solusi bagi seluruh permasalahan bangsa. “Kalau bukan kita, siapa lagi?” kata Dwi. Pada kesempatan tersebut, Dwi menegaskan bahwa sebagai orang yang terdidik dan memiliki keistimewaan mengenyam pendidikan tinggi, Ikatan Alumni ITB tidak boleh merasa cukup dengan gelar tetapi harus memiliki kepribadian yang berintegritas.

Dalam kegiatan tersebut, seluruh Alumni Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Ikatan Alumni ITB Angkatan I Lemhannas RI juga mengucapkan komitmen, di antaranya adalah setia kepada empat Konsensus Dasar Bangsa, menjadi agen pembangunan berwawasan nilai-nilai kebangsaan yang berintegritas untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, memperkuat karakter bangsa dan mewujudkan keutuhan kemajuan negara, mengabdikan ilmu pengetahuan teknologi dan seni untuk memperkuat ketahanan nasional, dan mengantarkan bangsa Indonesia menjadi adil dan makmur.



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749