Kestabilan ASEAN Sangat Penting bagi Indonesia

Press Release

Nomor  : PR/ 27 /VI/2023

Tanggal: 14 Juni 2023

Jakarta- Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Panjaitan meyakini bahwa kestabilan ASEAN menjadi hal yang sangat penting bagi Indonesia. “Negara-negara ASEAN di sini memegang peranan penting,” kata Menko Marves saat memberikan pidato kunci Jakarta Geopolitical Forum VII/2023 “ASEAN’s Future: Addressing the Region’s Geo-Maritime Rifts” di Hotel Borobudur, Jakarta, pada Rabu (14/6).

Beberapa dinamika global yang terjadi memberikan dampak yang cukup besar bagi Indonesia dan negara-negara di ASEAN, seperti misalnya konflik Rusia-Ukraina serta politik dan militer yang berkaitan dengan Laut China Selatan.

Tahun ini, peningkatan ketegangan politik dan konflik militer global menjadi tantangan utama yang dihadapi ASEAN serta turut membuat ketidakpastian global semakin meningkat. “Indeks ketidakpastian global dan indeks tentang keuangan. Kita harus selalu menggabungkan. Tidak bisa hanya melihat ke arah militer,” tambah Menko Marves.

Pandemi Covid-19 juga turut berkontribusi pada ketidakpastian global yang semakin meningkat, sehingga, kerja sama antar negara ASEAN sangat dibutuhkan. “Jadi, di antara negara-negara ASEAN, kita juga harus membangun kolaborasi yang baik terkait isu ini,” kata Menko Marves.

ASEAN, tambah Menko Marves, masih lebih baik dibandingkan dengan dunia. Hal ini yang membuat ASEAN menarik bagi negara-negara lain dan Indonesia akan fokus untuk menjadikan ASEAN menjadi kawasan ekonomi yang berkembang cepat, inklusif, dan berkelanjutan.

Oleh sebab itu, konektivitas sangat penting bagi pertumbuhan Indonesia dan ASEAN. Di sisi lain, peningkatan keamanan maritim dan infrastruktur pertahanan juga harus dilakukan.

Melalui Jakarta Geopolitical Forum, Menko Marves berharap bisa mendapatkan masukan terkait Indonesia agar dapat memainkan peranan pentingnya di ASEAN sebagai negara terbesar.

Narahubung: Maulida (082229125536)

Caption Foto: Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi saat menyampaikan Pidato Kunci Jakarta Geopolitical Forum VII/2023 “ASEAN’s Future: Addressing the Region’s Geo-Maritime Rifts”

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749