PPRA 65 Lemhannas RI Lakukan Studi Strategis ke Provinsi Sulawesi Barat

Press Release

Nomor  : PR/ 10 / III /2023

Tanggal:   28 Maret 2023

Sulawesi Barat- Peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 65 melakukan Studi Strategis Dalam Negeri (SSDN) ke Provinsi Sulawesi Barat. Kegiatan ini dilaksanakan mulai tanggal 27 sampai dengan 31 Maret 2023.

 

Salah satu objek kunjungan SSDN PPRA 65 Lemhannas RI di Sulawesi Barat adalah Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat.

 

Pada kunjungan tersebut, rombongan diterima oleh Sekretaris Provinsi Sulawesi (Sekprov Sulbar) Barat Muhammad Idris di Gedung Graha Sandeq (Ex. Gedung PKK), Kompleks Rumah Jabatan Gubernur Sulbar, Selasa (28/03/2023).

 

Sekretaris Provinsi Sulawesi Barat Muhammad Idris menyambut baik kunjungan SSDN PPRA 65 Lemhannas RI ke Provinsi Sulawesi Barat. Dalam sambutannya, Sekprov Sulbar Muhammad Idris berharap kunjungan Lemhannas dapat memberikan pengalaman penelitian secara langsung tentang berbagai persoalan di daerah Sulawesi Barat.

 

Secara spesifik, beberapa persoalan yang terjadi di Sulawesi Barat antara lain, Sumber Daya Alam (SDA), penanganan stunting pengendalian inflasi daerah, kemiskinan ekstrem, dan Anak Putus Sekolah (ATS).

 

“Beberapa catatan penting, Pemprov Sulbar saat ini fokus menuntaskan stunting dan kemiskinan ekstrem,” kata Sekpov Sulbar Muhammad Idris.

 

Selain itu, kunjungan ini juga diharapkan dapat meningkatkan cakrawala berpikir yang komprehensif, holistik, dan integratif mengenai kondisi objektif di Sulawesi Barat.

 

 

Pada kesempatan itu, Pimpinan Rombongan SSDN PPRA 65 Lemhannas RI Irjen Pol Drs. Sumadi M.Si. juga mengucapkan terima kasih kepada jajaran Pemprov Sulawesi Barat yang telah menerima kunjungan peserta Lemhannas RI dan berharap para peserta PPRA 65 dapat mengetahui tata kelola pemerintahan serta permasalahan yang dihadapi daerah.

 

“Lemhanas RI telah memilih provinsi ini dengan harapan bisa mengetahui tata kelola dan permasalahan yang dihadapi, sehingga para peserta bisa memiliki gambaran tentang tata kelola pemerintah daerah dan kaitannya dengan Ketahanan nasional,” kata Irjen Pol Drs. Sumadi M.Si.

 

Selain Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, para peserta juga mengunjungi enam objek kunjungan, antara lain, Kantor DPRD Provinsi Sulawesi Barat, Polda Sulawesi Barat, Korem 142/Tatag, Kantor Bupati Mamuju, Kantor Bupati Mamuju Tengah, serta Pabrik Kelapa Sawit PT Surya Raya Lestari II.

 

SSDN ke Provinsi Sulawesi Barat diikuti oleh 25 peserta PPRA 65 dan didampingi oleh Tenaga Ahli Pengajar Bidang Hukum dan Hak Asasi Manusia Lemhannas RI Irjen Pol Drs. Sumadi M.Si., Tenaga Ahli Pengkaji Bidang Demografi Lemhannas RI Laksda TNI I Wayan Suarjaya, S.Sos., M.Tr.(Han)., beserta staf Lemhannas RI.

 

Melalui kegiatan ini, diharapkan para peserta akan memiliki kepekaan terhadap spesifikasi dan kearifan lokal suatu wilayah yang merupakan bagian integral dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Selain itu juga mampu meningkatkan wawasan kebangsaan, mendapat gambaran tentang kondisi ketahanan nasional, dan mengetahui lebih dekat tentang progress pembangunan nasional di daerah atau provinsi yang dikunjungi.

 

SSDN PPRA 65 Lemhannas RI juga dilaksanakan ke tiga provinsi lain, yakni Provinsi Jambi, Provinsi Gorontalo, dan Provinsi Jawa Tengah dengan peserta serta pendamping yang berbeda.

 

Narahubung: Maulida (082229125536)

Caption Foto: Peserta PPRA 65 melaksanakan SSDN ke Provinsi Sulawesi Barat.

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram: @lemhannas_ri

Facebook: lembagaketahanannasionalri

Twitter: @LemhannasRI

TikTok: @lemhannas_ri



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749