Menko Perekonomian: Ekonomi Indonesia Q2 Tumbuh 5,44 Persen

Press Release

Nomor  : PR/  56   / X /2022

Tanggal: 11 Oktober 2022

Jakarta – Perekonomian di tahun 2023 penuh dengan ketidakpastian, namun berbagai lembaga dunia, yakni Bank Dunia dan OECD tetap memperkirakan pertumbuhan Indonesia antara 4,8 sampai 5,2%.

 

“Indonesia bersyukur bisa mengalami pertumbuhan ekonomi 5,44% di triwulan kedua tahun ini dan ini sudah konsisten dalam 3 kuartal. Diperkirakan ke depan juga kita bisa mempertahankan pertumbuhan di atas 5%,” kata Menteri Koordinator Perekonomian Republik Indonesia Airlangga Hartarto saat menyampaikan pidato kunci Seminar Nasional PPRA 64 Lemhannas RI pada Selasa, (11/10/2022).

 

Menurut Menko Airlangga, neraca perdagangan surplus selama 28 bulan berturut-turut. Kinerja pertumbuhan yang kuat tersebut bersamaan dengan inflasi yang relatif moderat dibandingkan dengan negara-negara tetangga dan juga negara G20, bahkan di ASEAN-5. Kinerja tersebut didorong oleh kebijakan pemerintah yang terintegrasi di sektor perdagangan, investasi, dan industri serta peran dari fiskal moneter yang berimbang.

 

Pemerintah terus memperbaiki berbagai masalah logistik dan rantai pasok nasional agar menjadi efektif dan efisien. Beberapa hal yang ditempuh antara lain, pertama, prioritas pembangunan infrastruktur dalam proyek strategis nasional agar menjamin ketahanan rantai pasok, mulai dari jalan, rel kereta api, pelabuhan, serta bandar udara.

 

Kedua, pengembangan kawasan ekonomi khusus untuk meningkatkan konektivitas antar pemangku kepentingan logistik. Ketiga, pengembangan sistem terintegrasi nasional logistik ekosistem, yaitu platform ekonomi logistik nasional yang mengintegrasikan lalu lintas barang dan dokumen mulai dari kedatangan kapan sampai dengan end customer secara digitalisasi.

 

Selanjutnya yang keempat adalah mendorong peningkatan logistik dengan e-commerce dan inisiasi dari start up untuk berkolaborasi dalam logistik marketplace.

 

“Sebagai Presidensi G20, Indonesia telah bekerja sama dengan anggota G20 lain untuk menetapkan arah strategis, untuk memastikan konektivitas dan rantai pasok global dapat berjalan tanpa hambatan,” kata Menko Airlangga.

 

Sehingga, Presidensi G20 Indonesia diharapkan dapat memberikan solusi pada permasalahan global dan memastikan soliditas G20 guna mencapai hasil konkret di tengah tantangan global yang saat ini sedang dihadapi. Oleh sebab itu, Indonesia, khususnya Menko Airlangga menantikan kontribusi nyata dari para peserta PPRA 64 Lemhannas RI.

 

“Ini adalah ladang yang tepat bagi Bapak Ibu untuk mengimplementasikan pengabdian dan kontribusi nyata tidak hanya di lingkup nasional dan regional tetapi juga di tingkat global,” kata Menko Airlangga.

 

Adapun Seminar Nasional PPRA 64 Lemhannas RI dilaksanakan secara hibrida di Auditorium Gadjah Mada Lemhannas RI pada Selasa, 11 Oktober 2022 dengan menampilkan dua pidato kunci dan dua narasumber, yakni Menteri Koordinator Perekonomian RI Airlangga Hartarto, Menteri Luar Negeri Retno Marsudi, Gubernur Lemhannas RI Andi Widjajanto, dan Rektor Universitas Indonesia Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A. Ph.D.

 

Hadir pula dalam kegiatan tersebut Gubernur Lemhannas RI periode 2011—2016 Prof. Dr. Ir. Budi Susilo Soepandji, C.E.S., D.E.A., Duta Besar Indonesia untuk Negara Filipina dan Gubernur Lemhannas RI periode 2016—2022 Letnan Jenderal TNI Agus Widjojo, Sekretaris Utama Lemhannas RI Komjen Pol Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Plt. Deputi Bidang Pendidikan Pimpinan Tingkat Nasional Lemhannas RI Marsda TNI Andi Heru Wahyudi, Deputi Pengkajian Strategik Lemhannas RI Prof. Dr. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., beserta para pejabat Lemhannas RI.

Narahubung: Maulida (082229125536)

Caption Foto: Seminar Nasional PPRA 64 Lemhannas RI di Auditorium Gadjah Mada.

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749