Tiga Nilai Positif IMF untuk Indonesia

Press Release

Nomor  : PR/   37   / VII /2022

Tanggal:  18 Juli 2022

Jakarta-Indonesia memiliki tiga nilai positif dari IMF berkat serangkaian kebijakan yang dilakukan dalam pemulihan ekonomi akibat pandemi Covid-19. “Indonesia adalah negara yang mulai pulih dari pandemi Covid, memiliki posisi yang kuat dengan kebijakan yang kuat, perekonomian yang juga meningkat, dan sistem finansial yang stabil. Ini adalah kabar baik,” kata IMF Senior Resident Representative for Indonesia James P. Walsh saat memberikan Kuliah Umum tentang “Indonesia’s Economic Resilience and Future Challenges” kepada peserta PPRA 63 dan 64 di Auditorium Gadjah Mada Lemhannas RI pada Senin (18/07).

 

Hal tersebut layak untuk dipertahankan, namun, lanjut Walsh, Indonesia harus ketat dan tetap memperhatikan serta memantau perekonomian negara lain, seperti China dan Amerika Serikat.

 

Dalam jangka panjang, Indonesia juga harus mengejar reformasi struktural, seperti funding priority, penerimaan pajak agar lebih baik, dan juga kebijakan terkait industrialisasi serta langkah-langkah perubahan iklim. Hal ini dilakukan agar kebijakan yang ada konsisten untuk pertumbuhan jangka panjang.

 

Indonesia memang memiliki sejarah panjang dalam kredibilitas kebijakan. Namun saat ini, Indonesia mampu berada dalam posisi yang sangat baik, serta memiliki serangkaian kebijakan dan lembaga yang membantunya pulih dari pandemi.

 

Terkait perubahan iklim, menurut Walsh, ini merupakan salah satu tantangan global dan diangkat secara konsisten dalam pembahasan G20. “Seperti yang anda ketahui suhu dunia meningkat dan ini adalah keprihatinan bersama,” ujar Walsh.

 

IMF memperhatikan kebijakan yang dikeluarkan oleh negara-negara. Banyak negara yang berpendapat bahwa pajak terhadap bahan bakar fosil harusnya ditingkatkan. IMF juga mendukung penggunaan energy alternatif yang ramah lingkungan seperti energi panas bumi, angin, air, dan tidak fokus pada batubara, karena dampaknya luar biasa merugikan lingkungan.

 

Walsh juga mengatakan, di beberapa negara telah menetapkan pajak untuk bahan bakar fosil, karena batubara merupakan bahan bakar fosil yang paling kotor dan paling memiliki dampak merugikan terhadap lingkungan.

 

Oleh sebab itu, IMF mendorong negara-negara untuk berinvestasi pada energi alternatif dan hal ini tidak hanya dihadapi oleh sebagian negara, tetapi dihadapi oleh seluruh negara di dunia. “Disini kita ingin mendorong investasi di energi alternatif. Di Rusia dan China juga terjadi peningkatan dalam sector energi alternatif. Masalah ini tidak hanya dihadapi oleh negara-negara tertentu tapi oleh semua negara,” kata Walsh.

 

Investasi dana untuk energi alternatif perlu banyak dilakukan dan hal ini sudah dicanangkan oleh pemerintah, namun, Walsh sadar bahwa ini bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Meski demikian, Indonesia memiliki keuntungan dalam energi alternatif yaitu geothermal atau panas bumi yang luar biasa dan tidak semua negara memiliki energi ini.

 

“Begitu Anda mempunyai fasilitas-fasilitas yang bisa memaksimalkan penggunaan geothermal, maka ini akan luar biasa, dan memberikan manfat yang besar sekali. Oleh karena itu, setelah fasilitasnya ada, saya yakin Indonesia bisa menjadi negara terdepan menggunakan geothermal,” ujar Walsh.

 

Menurut Walsh, geothermal merupakan energi alternatif yang sangat menjanjikan, maka diharapkan investasi untuk energi alternatif juga meningkat. Namun, Investasi energi alternatif membutuhkan investasi yang tidak sedikit, mulai dari biaya kontruksi, fasilitas lain yang lebih hijau, waktu, dan Labour Intensive. Meski demikian, diharapkan hal tersebut dapat mendorong peningkatan lapangan kerja dan membantu rumah tangga dengan ekonomi lemah.

 

Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI Mohamad Sabrar Fadhilah, Senior Deputi Bank Indonesia tahun 2004—2008 Prof. Miranda Swaray Goeltom, Ph.D., Sekretaris Utama Lemhannas RI Drs. Purwadi Arianto, M.Si., Deputi Pendidikan Lemhannas RI Mayjen TNI Sugeng Santoso, S.I.P., Deputi Pengkajian Lemhannas RI Prof. Ir. Reni Mayerni, M.P., Deputi Kebangsaan Lemhannas RI Laksda TNI Edi Sucipto, S.E., M.M., M.Tr. Opsla., Tenaga Profesional Ending Fadjar, S.E., M.A., dan para pejabat struktural Lemhannas RI.

 

Narahubung: Maulida (082229125536) / Endah (081316072186)

 

Caption Foto: James P. Walsh saat menjadi memberikan Kuliah Umum tentang “Indonesia’s Economic Resiliencce and Future Challenges”

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749