Lemhannas Selenggarakan Jakarta Geopolitical Forum V Bertema Budaya dan Peradaban

Press Release

Nomor  : PR/    20   /X/2021

Tanggal :  19 Oktober 2021

Jakarta – Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) RI akan menyelenggarakan Jakarta Geopolitical Forum V / 2021, besok, 21-22 Oktober 2021. Tema webinar The 5th Jakarta Geopolitical Forum 2021 mengenai Budaya dan Peradaban.  

Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo akan membuka acara JGF bertempat di studio Kompas TV pada Kamis, (21/10) pukul 08.00. Keynote address acara JGF kali ini adalah Profesor Bambang Brodjonegoro. 

Pada tahun 2021 ini, JGF mengangkat tema Culture and Civilization: Humanity at the Crossroads (Budaya dan Peradaban: Kemanusiaan di Simpang Jalan). Peradaban modern membangkitkan kecemasan pada kehidupan manusia. Selain itu, kemajuan teknologi yang terjadi juga berpotensi menimbulkan korban jiwa dalam skala yang besar.

Pengelolaan budaya nasional merupakan prasyarat untuk mendukung identitas nasional. Namun, globalisasi dan teknologi yang membentuk jalan alternatif peradaban, memberi tantangan untuk mencari pilihan.

Idealnya, peradaban dan kemajuan teknologi memberikan kemudahan dan menguntungkan umat manusia, namun kenyataannya justru mengancam kehidupan manusia.  “Peradaban modern telah membangkitkan kecemasan dalam diri manusia, mengganggu, dan menyegmentasikan kehidupan sosial yang jika tidak diukur dapat mengaburkan umat manusia ke jurangnya,” kata Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn.) Agus Widjojo saat wawancara di Lemhannas RI, (19/10).

Saat ini, dominasi kemajuan teknologi tidak dapat menjamin kebutuhan umat manusia. Sedangkan kehidupan manusia tidak dapat lepas dari teknologi. Hal ini menunjukkan kondisi dunia dalam keadaan ambiguitas dan ketidakpastian.

JGF V ini  akan menjawab pertanyaan antara lain bagaimana manusia dapat membentuk masa peradaban saat ini? Bagaimana Indonesia mampu berkontribusi sebagai bagian dari membangun peradaban dunia? Bagaiman Indonesia menjembatani kesenjangan antar peradaban?

Jakarta Geopolitical Forum (JGF) merupakan session sharing bagi para pakar geopolitik dunia dalam menelaahn situasi kawasan di dunia. JGF 2021 mengundang sepuluh narasumber dari tiga negara untuk membahas budaya dan peradaban manusia.  Harapannya forum strategis dapat dimanfaatkan bagi pembicara (speaker) maupun peserta untuk mendiskusikan isu geopolitik di tingkat dunia. Geopolitik yang dimaknai sebagai ruang hidup menjadi isu sentral bagi seluruh negara di dunia.

Acara yang akan dihelat pada Kamis dan Jumat, 21 dan 22 Oktober 2021 tersebut, menghadirkan sepuluh narasumber terkemuka yang berasal dari tiga negara yaitu Amerika Serikat, Perancis dan Indonesia. Narasumber tersebut  yakni Mr. Rudy Breighton, M. B. A., M. Sc. CEO and Chairman of BR Strategic di Seattle, Amerika Serikat; Prof. Dr. Robert W. Hefner, Former Director of the Institute on Culture, Religion, and World Affairs (CURA), Universitas Boston; Prof. Donald K. Emmerson Direktur Southeast Asia Forum (SEAF) di Shorenstein Asia-Pacific Research Center di Stanford University; Dr. Jean Couteau, Antropolog dan Budayawan dari Prancis; Dr. Gita Wirjawan, Patron and Advisory Board of the School of Government and Public Policy (SGPP) dari Indonesia; Dr. Robertus Robert, Sosiolog Universitas Negeri Jakarta; Prof. Dr. Komaruddin Hidayat, Rektor Universitas Islam Internasional Indonesia; dr. Roslan Yusni Hasan, Sp.BS., Neurosains dari Indonesia; Baskara Tulus Wardaya, Ph.D., Sejarawan Indonesia; dan Dimas Oky Nugroho, Ph.D., Cendekiawan sosial-politik.

Melalui tema ini, JGF tahun ini bertujuan memahami bentuk peradaban masa depan, khususnya struktur sosial budaya manusia dunia. Selain itu JGF ke lima ini juga  untuk mengetahui sejauh mana budaya dan peradaban suatu bangsa dipertahankan di tengah perubahan pola pikir untuk beradaptasi dengan lingkungan peradaban baru.  Harapannya, seminar akan mengetahui sejauh mana korelasi antara pengaruh dan perubahan peradaban yang disampaikan pada seminar hasil penelitian, review, dan sharing session yang dilakukan oleh pakar geopolitik dunia dari berbagai negara.

Acara ini dapat diikuti secara daring dengan mendaftarkan diri melalui bit.ly/RegistrasiJGF_Day1 dan bit.ly/RegistrasiJGF_Day2. Untuk informasi lebih lanjut dapat menghubungi narahubung Maulida (0822-2912-5536) dan Endah (0813-1607-2186).

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id 

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749