Agus Widjojo: Masyarakat yang Abai Prokes Tidak Peduli pada Sesama

Press Release

Nomor  : PR/  1  /VI/2021

Tanggal :   2 Juni 2021

Jakarta – Gubernur Lemhannas RI, Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo, “Masyarakat yang abai terhadap protokol kesehatan tidak peduli terhadap sesama.” Hal tersebut disampaikan saat Gebyar Wawasan Kebangsaan dalam rangka Memperingati Hari Lahir Pancasila Tahun 2021 di Jakarta (28/5).

Sejak tahun 2020 sampai saat ini muncul tantangan baru bagi Pancasila, yaitu Pandemi Covid-19. Dalam rangka penanggulangan pandemi, pemerintah Indonesia mewajibkan masyarkaat untuk menerapkan protokol kesehatan, namun tidak sedikit yang tidak patuh menerapkannya.

“Tentunya ketidakpatuhan masyarakat akan pentingnya protokol kesehatan berdampak negatif pada kepentingan bersama dan mengurangi kepedulian terhadap sesama,” kata Agus di hadapan para peserta Gebyar Wawasan Kebangsaan. Hal ini dibuktikan dengan data per tanggal 19 Mei 2029, angka kasus positif di Indonesia mencapai 1,75 juta orang.

“Kondisi ini disebabkan perilaku masyarakat untuk menjalankan protokol kesehatan belum maksimal. Masih banyak masyarakat yang tetap berkerumun, tidak menggunakan masker, bahkan mengadakan acara ketika terjadi pandemi,” kata Agus melanjutkan.

Gebyar Wawasan Kebangsaan adalah kegiatan yang diselenggarakan oleh Lemhannas RI sebagai upaya untuk sosialisasi dan diseminasi nilai-nilai Pancasila kepada generasi milenial dan masyarakat secara luas. Diharapkan kegiatan  ini dapat dilakukan secara rutin dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila setiap 1 Juni  dan upaya untuk menanamkan nilai-nilai Pancasila, sehingga gaungnya mampu menerobos sendi-sendi kehidupan pada setiap anak bangsa yang mendengarnya.

Kegiatan ini diikuti oleh para pemuda dan perwakilan komunitas masyarakat dari seluruh Indonesia. Mereka diharapkan dapat menjadi agen-agen penggerak perubahan bagi para generasi millenial dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara yang lebih baik. Kegiatan ini diharapkan mampu membangkitkan semangat generasi milenial untuk terus berkarya demi masa depan Indonesia.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI

 

 



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749