Lemhannas RI Peringati Hari Jadi ke-56

Press Release

Nomor  : PR/  6 /V/2021

Tanggal :   20 Mei 2021

Jakarta –  Lembaga Ketahanan Nasional RI memperingati Hari Ulang Tahun ke-56 yang diikuti secara daring oleh seluruh pejabat struktural, fungsional dan anggota Lemhannas RI, serta peserta PPRA 62 dan PPSA 23 pada Kamis (20/5). Tema yang diangkat adalah “Dengan Semangat Kebangkitan Nasional, Kita Tingkatkan Persatuan dan Kesatuan dalam Pemulihan Kesehatan Masyarakat dan Ekonomi Nasional.”

Saat membacakan amanatnya, Gubernur Lemhannas RI Letjen TNI (Purn) Agus Widjojo menyampaikan bahwa pelaksanaan peringatan HUT ke-56 Lemhannas RI secara daring tidak akan mengurangi kekhidmatannya di tengah pandemi Covid-19.

Selain bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional, peringatan ulang tahun Lemhannas RI tahun ini juga bertepatan dengan suasana Idul Fitri 1 Syawal 1442 Hijriah. “Pada kesempatan ini, saya atas nama pribadi dan sebagai Gubernur Lemhannas RI mengucapkan selamat merayakan hari kemenangan, Idul Fitri 1442 Hijriah, Minal Aidzin Wal Faidzin Mohon Maaf Lahir dan Bathin,” kata Agus Widjojo.

Keberadaan Lemhannas RI tidak dapat dilepaskan dari dinamika geopolitik dan kehidupan berkebangsaan Indonesia. Lemhannas RI secara resmi didirikan pada 56 tahun lalu tepatnya pada 20 Mei 1965. Sebagai negara yang baru 20 tahun merdeka, Indonesia dihadapkan pada polarisasi dunia, pertarungan politik dan kepentingan di dalam negeri yang dapat mengancam keutuhan NKRI.

Dengan berbagai pertimbangan dan pemikiran strategis dalam menjamin keutuhan dan tegaknya NKRI, Presiden Pertama RI, Ir. Soekarno, memandang perlu adanya sebuah lembaga yang berfungsi sebagai kawah candradimuka-nya kader–kader pimpinan tingkat nasional yang berasal dari berbagai komponen bangsa. “Para kader tersebut, ditempa menjadi calon pemimpin nasional yang paham mengenai kebangsaan Indonesia dan kondisi lingkungan strategis yang mempengaruhinya,” kata Agus Widjojo.

Agus Wijdojo juga menyampaikan keprihatinannya terkait dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. “Sampai dengan saat ini krisis bagi Indonesia belum usai, baik dari segi kesehatan terutama adanya pandemi Covid-19 yang berdampak pada aspek ekonomi dan sosial, bencana alam seperti dampak siklon tropis seroja di Provinsi Nusa Tenggara Timur, bahkan gangguan keamanan seperti serangan teroris yang masih terjadi di beberapa tempat,” lanjut Agus Wijojo.

Menurut Agus, meningkatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia memiliki urgensi yang sangat penting dalam menghadapi dampak akibat pandemi Covid-19. “Dengan berlandaskan semangat Kebangkitan Nasional, Lemhannas RI melalui peran dan fungsinya, ingin menumbuhkan kembali semangat persatuan dan kesatuan dalam melawan virus Covid-19,” lanjut Agus. Terdapat semangat dan keinginan kuat yang datang dari masyarakat untuk memiliki kehidupan nasional yang aman dan sejahtera berdasarkan 4 (Empat) Konsensus Dasar Bangsa.  “Kepercayaan dari masyarakat pula lah yang menjadi modal semangat dan kekuatan Lemhannas RI untuk terus memberikan karya bakti terbaiknya bagi bangsa dan negara,” kata Agus melanjutkan.

Gubernur berharap semoga segala upaya yang dilakukan oleh pemerintah dan didukung segenap komponen bangsa dapat segera membuahkan hasil, sehingga kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara dapat berjalan kembali secara normal dan bangsa Indonesia dapat fokus kembali untuk melanjutkan pembangunan guna mewujudkan kesejahteraan dan keamanan nasional kata Agus Widjojo di hadapan para peserta upacara yang dilaksanakan secara terbatas.

Lemhannas RI Miliki Ruang Gatra Lokananta

Usai pelaksanaan Upacara HUT ke-56 Lemhannas RI, kegiatan dilanjutkan dengan Peresmian Ruang Rekreasi sebagai sumbangsih dan bakti Alumni PPSA 21 kepada Lemhannas RI.  Lemhannas RI memiliki tugas dalam menyelenggarakan pendidikan penyiapan kader dan pemantapan pimpinan tingkat nasional, menyelenggarakan pengkajian yang bersifat konsepsional dan strategis, dan menyelenggarakan pemantapan nilai-nilai kebangsaan. “Begitu besar manfaat yang kami dapatkan saat menjalankan pendidikan di Lemhannas RI. Sehingga keinginan untuk mewujud, memberikan dukungan merealisasikan ruang Gatra Lokananta dari alumni PPSA 21,” kata Ketua KPK, Komjen. Pol. Drs. Firli Bahuri, M.Si sebagai perwakilan alumni Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 21.

Penamaan Ruang Gatra Lokananta terispirasi dari kedudukan ruangan yang berada di gedung Astagatra, dan gatra sendiri dimaknai sebagai ruang, lingkungan tertentu atau wujud. Sedangkan Lokananta sendiri bermakna seperangkat gamelan (alat musik) di kayangan yang dapat berbunyi sendiri tanpa penabuh, hanya kesatria yang mendapat perkenan dewa dianugerahi gamelan tersebut. Sehingga “Gatra Lokananta” dimaknai sebagai wujud ruangan yang memiliki alunan musik yang diberikan kepada orang-orang tertentu.

Atas sumbangsih Alumni PPSA 21 tersebut, Agus Widjojo menyampaikan ucapan terima kasih. “Sebelumnya   kami   atas   nama Lemhannas RI menyampaikan  ucapan  terima  kasih  dan penghargaan  setinggi-tingginya kepada alumni PPSA 21 yang memiliki  prakarsa   untuk  mewujudkan Ruang Gatra Lokananta di lantai 1 gedung Astagatra.  Semoga segala  upaya yang telah dilakukan menjadi  amal  kebaikan  seluruh alumni PPSA 21,” kata Agus Wijdojo kepada Ketua KPK selaku perwakilan dari alumni PPSA 21.

Peringatan HUT ke-56 Lemhannas RI tersebut diikuti secara daring oleh seluruh anggota Lemhannas RI, peserta Program Pendidikan Reguler Angkatan (PPRA) 62 dan Program Pendidikan Singkat Angkatan (PPSA) 23. Selain itu, rangkaian kegiatan terkait adalah ziarah ke Taman Makam Pahlawan Kalibata, jam pimpinan, berbagai lomba seperti vlog Ketahanan Nasional dan paduan suara,  lomba administrasi dan reformasi birokasi,  gelar output unit kerja, syukuran, serta Peresmian Monumen Bung Karno di halaman depan Lemhannas RI.

 

Biro Humas Lemhannas RI

Jalan Medan Merdeka Selatan 10, Jakarta 10110

Telp. 021-3832108/09

http://www.lemhannas.go.id

Instagram : @lemhannas_ri

Facebook : lembagaketahanannasionalri

Twitter : @LemhannasRI



Hak cipta © 2024 Lembaga Ketahanan Nasional RI. Semua Hak Dilindungi.
Jl. Medan Merdeka Selatan No. 10 Jakarta 10110
Telp. (021) 3451926 Fax. (021) 3847749